Strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan dalam perspektif Islam (study kasus pada Yamaha Mataram Sakti Cabang Rembang)

Zuhri, Saifuddin (2017) Strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan dalam perspektif Islam (study kasus pada Yamaha Mataram Sakti Cabang Rembang). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (2MB) | Preview

Abstract

Suatu bisnis tidak dapat dipisahkan dari aktivitas pemasaran. Sebab, pemasaran merupakan aktivitas perencanaan, pelaksanaandan pengawasan atas program yang dirancang untuk menghasilkan transaksi pada target pasar, guna memenuhi kebutuhan perseorangan atau kelompok berdasarkan asas saling menguntungkan, melalui pemanfatan produk, harga, promosi, dan distribusi. Pemasaran merupakan aktivitas perencanaan, pelaksanaandan pengawasan atas program yang dirancang untuk menghasilkan transaksi pada target pasar. Demi mendapatkan hasil penjualan yang maksimal, Yamaha Mataram Sakti Cabang Rembang menerapkan strategi pemasaran dengan media-media promosi demi mendapatkan hasil penjualan yang maksimal. Strategi pemasaran yang diterapkan Yamaha Mataram Sakti Cabang Rembang sebelum septetmber terbilang jumlah penjualan unit terus berkembang, akan tetapi setelah September 2015 mengalami penurunan karena beberapa pengaruh cuaca yang kurang stabil. Hal inilah yang menjadi permasalahan yang penulis urai dalam penelitian ini. Permasalahan dalam penelitian ini terbatas pada pembahasan bagaimana strategi pemasaran di Yamaha Mataram Sakti Cabang Rembang dan bagaimana strategi pemasaran Yamaha Mataram Sakti Cabang Rembang perspektif Islam Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Analisis data penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara dan observasi serta didukung dengan dokumen-dokumen yang penulis dapatkan dari beberapa sumber. Hasil penelitian ini adalah nahwa strategi pemasaran yang diterapkan di Yamaha Mataram Sakti Cabang Rembang melalui media iklan berupa pemasangan baliho, spanduk dan penyebaran brosur dan pamflet, selain itu strategi dua arah menggunakan strategi personal selling dan event untuk berinteraksi dengan konsumen secara langsung. Strategi tim marketing yamaha mataram sakti cabang rembang dalam meningkatkan penjualannya masih memegang prinsip syariah sesuai dengan yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Hanya saja beberapa kegitan yang bersifat mengibur masih menggunakan hiburan dengan tampilan yang kurang pantas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Hasyim Syarbani, MM.; Mochammad Nadzir, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Volume penjualan; Ekonomi Islam
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 09 Aug 2017 09:02
Last Modified: 09 Aug 2017 09:02
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7131

Actions (login required)

View Item View Item