Pengaruh persepsi dan preferensi terhadap perilaku pedagang (studi kasus pada pedagang nasabah KSPPS Cahaya Mitra Sejahtera)

Latif, Jamal (2017) Pengaruh persepsi dan preferensi terhadap perilaku pedagang (studi kasus pada pedagang nasabah KSPPS Cahaya Mitra Sejahtera). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (611kB) | Preview

Abstract

Perbankan Syariah mempunyai peranan yang sangat penting di Indonesia yang mayoritasnya beragama Islam dengan berdirinya lembaga keuangan syariah ini berdampak pada masyarakat muslim yang sebagian besar bermuamalah di lembaga keuangan konvensional, hal ini terjadi didalam suatu lingkungan Pasar Meteseh Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Bagaimana para pelaku usaha mikro kecil menengah melihat fenomena ini terjadi apakah sudah sesuai dengan prinsip syariah atau sebatas argumen saja. Dengan demikian seberapa besar pengaruh persepsi dan preferensi terhadap perilaku pedagang nasabah KSPPS Cahaya Mitra Sejahtera studi pada Pedagang nasabah KSPPS Cahaya Mitra Sedjahtera. Dan yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) adanya pengaruh antara persepsi terhadap perilaku pedagang nasabah KSPPS Cahaya Mitra Sejahtera, 2) adanya pengaruh preferensi terhadap perilaku pedagang nasabah KSPPS Cahaya Mitra Sejahtera. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik penyebaran angket. Subyek penelitian menggunakan sampel sebanyak 37 responden, jumlah tersebut diambil dari 15 % jumlah populasi yaitu 250 responden. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi, yang terdiri dari dua variabel dependen dan satu variabel independen. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi, dengan menggunakan metode asumsi klasik, koefisien determinasi, uji f dan uji t parsial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku, diketahui bahwa nilai thitung adalah 2,076 sedangkan nilai ttabel adalah 2,030 yang lebih besar dibandingkan dengan thitung. Begitu juga dengan variabel preferensi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku. Hal ini diketahui bahwa nilai thitung adalah 3,733 sedangkan nilai ttabel adalah 2,030 yang lebih kecil dibandingkan dengan thitung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Siti Mujibatun, M. Ag.; H. Ade Yusuf Mujaddid, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Perilaku pedagang; Jual beli; Perdagangan
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 16 Aug 2017 08:39
Last Modified: 16 Aug 2017 08:39
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7138

Actions (login required)

View Item View Item