Analisis strategi pemasaran produk Simqura (Simpanan Qurban Amanah) di KSPPS El Amanah Kendal

Wulandari, Eka Kurnia (2017) Analisis strategi pemasaran produk Simqura (Simpanan Qurban Amanah) di KSPPS El Amanah Kendal. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (949kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (414kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (599kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya produk penghimpunan dana di KSPPS El Amanah Kendal yang kurang diminati masyarakat yaitu produk SimQura yang menggunakan akad wadi’ah yad dhamanah , berdasarkan prinsip tersebut pihak KSPPS bebas menggunakan dana yang dihimpun. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran produk simpanan SimQura(Simpanan Qurban Amanah) dan untuk mengetahui kendala/hambatan pemasaran produk SimQura (Simpanan Qurban Amanah) di KSPPS El Amanah Kendal.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Penulis melakukan pengumpulan data dengan wawancara kepada Bapak Kunaefi Abdillah selaku Manager KSPPS El Amanah Kendal, observasi secara langsung terhadap objek tertentu yang menjadi fokus penelitian serta mencatat segala sesuatu yang berhubungan dengan produk SimQura (Simpanan Qurban Amanah) pada KSPPS El Amanah Kendal dan dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian yang berjudul Analisis Strategi Pemasaran Produk SimQura (Simpanan Qurban Amanah) di KSPPS El Amanah Kendal, dari segi produknya yaitu dengan lebih meningkatkan kualitas produk SimQura kepada anggota baik anngota lama maupun anggota baru, dari segi tempatnya yaitu strategis karena mencakup seluruh area yang menjadi target dan distribusinya mencari daerah yang tertinggal yang belum dapat jatah qurban dan bekerjasama dengan forum pengajian jamaa’ah ibu-ibu, pedagang pasar dan kumpulan PKK di kampung, dari segi harganya yaitu pada saat menjelang Hari Raya Idhul Adha SimQura bisa diambil dalam bentuk uang atau hewan tergantung dari keinginan nasabah sehingga anggota bebas memilih opsi mana yang diinginkannya, dari segi promosinya yaitu menggunakan brosur yang agamis dan menarik untuk memudahkan calon anggota dalam mengingat dan memahami produk SimQura disamping itu menggunakan pelayanan yang baik, ramah serta penuh sopan santun sehingga ketika anggota datang akan merasan nyaman dan bisa tertarik, KSPPS El Amanah menggunakan sistem jemput bola dengan mendatangi anggota ke tempat usaha atau rumahnya. Dari segi kendala dalam pemasaran produk SimQura antara lain yaitu tidak semua masyarakat mampu melakukan ibadah Qurban karena tergantung keadaan ekonomi dan kesadaran akan pentingnya qurban, produk SimQura tidak bisa diambil sewaktu-waktu apabila ada keperluan mendesak atau membutuhkan dana cepat anggota tetap tidak bisa mengambil dananya karena hanya dapat diambil untuk keperluan qurban saja, kurangnya jumlah tenaga pemasar yang mempromosikan produk SimQura ke anggota maupun masyarakat, serta kurangnya jaringan karena didominasi oleh bank syariah dan konvensional yang beroperasi di sekitar KSPPS El Amanah Kendal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing: H. Khoirul Anwar, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen pemasaran; Produk perbankan syariah; Simpanan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 24 Aug 2017 03:31
Last Modified: 05 Jun 2021 06:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7177

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics