Penerapan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah di BMT Marhamah Purworejo

Rahayu, Isna Jayanti (2017) Penerapan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah di BMT Marhamah Purworejo. Diploma thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (887kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (425kB) | Preview

Abstract

BMT Marhamah Cab Purworejo merupakan salah satu lembaga keuangan syariah yang tentunya tidak luput dengan adanya sistem pelayanan untuk kemajuan BMT Marhamah Cab Purworejo sendiri. BMT Marhamah Cab Purworejo memiliki pelayananan sendiri, pelayanan yang baik yang diberikan kepada nasabah nasabahnya agar mereka puas dan senang telah bekerjasama dengan BMT Marhamah Cab Purworejo, hanya saja dalam memberikan pelayanan masih ada nasabah nasabah yang komplain atas pelayanan BMT Marhamah Cab Purworejo. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti tentang penerapan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah di BMT Marhamah Cab Purworejo. Dalam penelitian ini yang menjadi pokok pembahasan adalah bagaimana penerapan pelayanan di BMT Marhamah cab Purworejo? Serta apakah pelayanan BMT Marhamah sudah sesuai standar pelayanan yang baik?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh BMT Marhamah Cab Purworejo dan mengeahui apakah pelayanan yang diberikan BMT Marhamah Cab Purworejo sudah sesuai dengan standar pelayanan yang baik. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi di BMT Marhamah Cab Purworejo. Data data dalam penelitian ini berupa data kualitaif, terdiri dari data primer dan sekunder. Data data diperoleh melalui metode dokumentasi, observasi, dan wawancara, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini pertama, pelayanan yang diberikan oleh BMT Marahamah yaitu juga dengan memberikan Service Exellent kepada nasabahnya, yaitu dengan memberikan pelayanan yang terbaik untuk menfasilitasi kemudahan dalam memenuhi kebutuhan nasabah dengan terus mengupayakan penyelarasan kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan dan tanggung jawab guna mewujudkan kepuasan nasabah agar tercapainya kepuasan nasabah. Selain Servce Exellent, BMT Marhamah juga memerikan pelayanan dengan system Jemput Bola, yaitu dimana pegawai BMT melayani nasabah dengan mendatangi nasabah yang tidak bisa mendatangi langsung BMT Marhamah. Sehingga pelayana BMT Marhamah bisa dilakukan dimanapun. Kedua, Pada dasarnya BMT Marhamah Cab Purworejo sudah memiliki standar pelayanan yang baik, dan sudah menerapkan sesuai dasar dasar standar pelayanan yang baik dengan melayani nasabah dengan sistem Service Exellent dan pelayanan sistem jemput bola. Namun dalam penerapannya terkadang masih ada sikap dari pegawai BMT Marhamah Cab Purworejo yang tidak sesuai dengan peraturan yang dibuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen pelayanan; Kepuasan nasabah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah (D3)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Nur Huda, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 31 Aug 2017 04:14
Last Modified: 31 Aug 2017 04:14
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7224

Actions (login required)

View Item View Item