Study Analisis Kualitas Soal Obyektif Tes Akhir Semester Genap Materi Bahasa Arab di kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011

Fatoni, Muhammmad (2012) Study Analisis Kualitas Soal Obyektif Tes Akhir Semester Genap Materi Bahasa Arab di kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
073211055_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (885kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073211055_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073211055_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073211055_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073211055_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073211055_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073211055_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (39kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kualitas soal obyektif tes akhir semester genap, (2) mengetahui tingkat kesukaran, (3) mengetahui daya beda,(4) mengetahui fungsi distraktor, (5) mengetahui validitas tes obyektif, (6) mengetahui reliabilitas tes obyektif materi bahasa Arab di kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang yang mengikuti tes bahasa Arab pada ujian akhir semester genap tahun pelajaran 2010/2011, dan jumlah siswanya ada 289 , terbagi atas delapan kelas. Sampel yang diambil dari populasi adalah siswa kelas VIII ( kelas A,B, dan C) MTs Negeri 1 Semarang yang jumlahnya ada 100 siswa. Hasil penelitian ini menggunakan metode dokumentasi terhadap hasil pembelajaran siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang, yaitu dari segi kualitas soal obyektif tes akhir semester genap materi bahasa Arab di kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang tahun pelajaran 2010/2011 menunjukkan hasil tidak baik. Dari segi tingkat kesukaran tes, berdasarkan atas perhitungan tingkat kesukaran dan kemudahan soal, diketahui (1) butir soal atau sekitar (2,5%) sulit, (12) butir soal atau sekitar (30%) sedang, 27 butir soal atau sekitar (67,5%) mudah. Dan peneliti menyimpulkan bahwa soa-soal dari tes tes akhir semester genap menunjukkan koefisien tingkat kesukaran yang mudah. Dari segi daya beda soal, berdasarkan perhitungan daya beda soal, diketahui bahwa (3) butir soal atau sekitar (7,5%) istimewa, (13) butir soal atau sekitar (32,5%) baik, (8) butir soal atau sekitar (20%) sedang dan (16) butir soal atau sekitar (40%) lemah. Peneliti menyimpulkan bahwa daya beda soal dari tes akhir semester genap menunjukkan koefisien daya beda yang baik. Dari segi fungsi distraktor dari pilihan ganda butir tes, berdasarkan perhitungan fungsi distraktor, diketahui bahwa (11) soal atau sekitar (27,5%) baik, (29) soal atau sekitar (72,5%) tidak baik. Dan peneliti menyimpulkan bahwa soal dari tes akhir semester genap menunjukkan koefisian fungsi distraktor yang tidak baik. Dari segi koefisien validitas tes, hasil analisis soal obyektif tes akhir semester genap, berdasarkan atas tabel koefisien validitas tes diketahui bahwa (37) butir soal atau sekitar ( 92,5%) valid, dan (3) butir soal atau sekitar ( 7,5%) tidak valid. Dan dari segi koefisien reliabilitas tes, berdasarkan perhitungan koefisien reliabilitas tes, diketahui bahwa dan tabel r = 0,70. Karena tabel r maka dikatakan bahwa tes tersebut reabel (tetap/ajeg).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ujian Sekolah; Kualitas Materi Tes; Bahasa Arab; Kualitas Pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 09 Dec 2013 07:57
Last Modified: 09 Dec 2013 07:57
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/726

Actions (login required)

View Item View Item