Mekanisme pembiayaan dan strategi pemasaran produk musyarakah di KSPPS BMT Amanah Usaha Mulia (Aulia) Magelang

Nuzula, Firdausi (2017) Mekanisme pembiayaan dan strategi pemasaran produk musyarakah di KSPPS BMT Amanah Usaha Mulia (Aulia) Magelang. Diploma thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sebagai lembaga keuangan syariah, Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Amanah Usaha Mulia adalah salah satu jenis koperasi syariah simpan pinjam yang menghimpun dana dari masyarakat berupa tabungan dan deposito yang kemudian menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk pembiayaan. KSPPS BMT Amanah Usaha Mulia didirikan dengan maksud agar dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat usaha kecil untuk meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik. Oleh karena itu penulis memfokuskan penelitian tentang Mekanisme Pembiayaan dan Strategi Pemasaran Produk Musyarakah di KSPPS BMT Amanah Usaha Mulia Magelang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mekanisme pembiayaan musyarakah di KSPPS BMT Amanah Usaha Mulia (AULIA) Magelang dan bagaimana strategi yang diterapkan oleh KSPPS BMT Amanah Usaha Mulia (AULIA) Magelang dalam memasarkan produk pembiayaan musyarakah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian deskriptif, dimana penelitian yang dilakukan tidak membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel lain. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode observasi, studi pustaka, wawancara. Obsservasi alat pengumpulan data yang dilakukan dengan cara pengamatan langsung ke lapangan terhadap prakteknya. Studi pustaka yaitu cara memperoleh sumber data yang dilakukan penulis, diantaranya adalah dari buku, surat kabar, jurnal, maupun internet. Wawancara adalah dialog yang dilakukan oleh pewawancara untuk memperoleh info dari terwawancara. Hasil penelitian ini mengetahui bahwa (1) mekanisme pembiayaan musyarakah di KSPPS BMT Amanah Usaha Mulia Magelang kiranya sudah tepat dengan apa yang diterapkan oleh syariat dan sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) No. 08/DSN-MUI/IV/2000 karena terdapat ijab qobul dan objek dalam akad musyarakah seperti modal, kerja, keuntungan dan kerugian sudah terpenuhi/disepakati bersama. (2) strategi yang diterapkan oleh KSPPS BMT Amanah Usaha Mulia Magelang dalam memasarkan produk pembiayaan musyarakah adalah place (tempat); product (produk); price (harga); promotion (promosi) seperti iklan, sosialisasi, pemasaran langsung; proses, dan layanan konsumen.

[error in script]
Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Musyarakah; Pembiayaan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Additional Information: Pembimbing: A. Turmudzi, SH., M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 22 Sep 2017 07:01
Last Modified: 22 Sep 2017 07:01
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7308

Actions (login required)

View Item View Item