Penanganan anak korban kekerasan seksual di Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Seruni Kota Semarang (analisis azaz–azaz dan fungsi bimbingan konseling Islam)

Anggraini, Aprilia Dwi (2017) Penanganan anak korban kekerasan seksual di Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Seruni Kota Semarang (analisis azaz–azaz dan fungsi bimbingan konseling Islam). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah kekerasan seksual yang banyak menimpa perempuan telah menjadi suatu masalah yang cukup memprihatinkan, yang lebih menyedihkan lagi masalah kekerasan seksual ini tidak hanya menimpa perempuan dewasa saja, akan tetapi anak-anak yang masih dibawah umur juga menjadi korbannya. Kekerasan seksual pada anak tersebut mempunyai dampak yang besar dalam keberlangsungan kehidupan anak. Anak yang menjadi korban kekerasan seksual seringkali menunjukkan keluhan-keluhan somatik tanpa adanya dasar penyebab organik, kesulitan di sekolah atau kesulitan dalam mengadakan hubungan dengan teman, gelisah, kehilangan percaya diri, tumbuh rasa tidak percaya pada orang dewasa, phobia, lemas, perasaan terluka yang sifatnya permanen. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pelaksanaan penanganan anak korban kekerasan seksual di PPT SERUNI Kota Semarang dan analisis azaz-azaz dan fungsi bimbingan dan konseling Islam terhadap penanganan anak korban kekerasan seksual di PPT SERUNI. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan obyek yang diteliti secara apa adanya dengan pertanyaan-pertanyaan yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui metode wawancara langsung yang diperoleh dengan tanya jawab dan tatap muka. Kemudian observasi dan dokumentasi. Sehingga peneliti menggunakan metode analisis deskriptif, dimana peneliti memaparkan semua data yang diperoleh dari pengamatan, kemudian menganalisisnya dengan berpedoman dengan hasil wawancara dan data-data yang telah penulis kumpulkan. Dari hasil penelitian ini, PPT SERUNI dalam menangani menunjukkan bahwa pelaksanaan penanganan anak korban kekerasan seksual berbasis gender menggunakan beberapa tahapan meliputi; pengaduan, pendampingan hukum, pendampingan medis, pendampingan psikologis dan rehabilitasi sosial, menyediakan rumah aman (shelter) dan pemulangan dan reintegrasi sosial. Kedua, penanganan yang diberikan PPT SERUNI relevan jika ditinjau dari fungsi Bimbingan Konseling Islam, yaitu: fungsi preventif (menjaga atau mencegah timbulnya masalah diri korban, contohnya dengan mengadakan sosialisasi dan penyuluhan hukum tentang hak-hak perempuan berbasis gender), kuratif (membantu korban dalam memecahkan masalah, contohnya melakukan konseling dan pendampingan yang diperlukan korban), presentatif (korban terjaga dari masalah, contohnya dengan adanya rumah aman atau shelter bagi korban), dan developmental (membantu individu memelihara dan mengembangkan situasi yang lebih baik terhadap korban).

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kekerasan seksual anak; Psikologi anak; Bimbingan konseling Islam
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Additional Information: Pembimbing: Komarudin, M. Ag.; Anila Umriana, M. Pd.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 27 Sep 2017 07:14
Last Modified: 27 Sep 2017 07:14
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7321

Actions (login required)

View Item View Item