Strategi pemasaran produk Ar-Rum (Ar-Rahn Untuk Usaha Mikro) Pegadaian Syariah Pasar Johar Semarang

Hidayah, Alfi Nur (2017) Strategi pemasaran produk Ar-Rum (Ar-Rahn Untuk Usaha Mikro) Pegadaian Syariah Pasar Johar Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (659kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (372kB) | Preview

Abstract

Pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan. Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat, menuntut perusahaan supaya meningkatkan strategi pemasaran kepada semua konsumen. Begitu juga dengan perusahaan jasa maupun produk harus berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas yang ada di setiap perusahaan jasa maupun produk untuk kualitas yang lebih baik lagi. Strategi pemasaran merupakan salah satu langkah-langkah yang berurutan dari awal sampai akhir dalam proses pemenuhan kebutuhan melalui aktivitas orang lain secara langsung, sehingga dengan adanya strategi pemasaran produk-produk pegadaian syariah ini diharapkan segala keinginan dan kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi dengan baik dan terorganisir dengan baik juga.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adalah strategi pemasaran produk ARRUM. Dan juga jumlah nasabah dan hambatan yang dihadapi dalam pelayanan produk ini. Tipe penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan studi pustaka, sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Strategi pemasaran yang digunakan oleh pegadaian untuk mengenalkan produknya adalah dengan metode Marketing Mix dan Strategi differensiasi produk.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Strategi pemasaran yang dilakukan oleh pegadaian pasar johar dalam menarik minat nasabah dapat melalui 4P, yaitu Product, Price, Place, dan Promotion.Product, menciptkan merk, menciptakan kemasan, penentuan logo dan motto. Price, Perusahaan sebisa mungkin menawarkan harga yang terendah sehingga lebih banyak menarik minat nasabah. Place, mendirikan kantor pusat, kator cabang dan lain-lain yang memudahkan nasabah untuk memperoleh manfaat dan jasa perusahaan tersebut, Promotion , melalui media elektronik seperti sepaduk, brosur, dan penjulan pribadi.
Segmentasi dari produk Ar-rum ini adalah para pengusaha yang mempunyai usaha mikro dan ingin mengembangkan usahanya agar menjadi berkembang dan maju. Targetnya, para masyarakat yang ingin mengembangkan usahanya dengan pengembalian secara angsuran, menggunakan jaminan BPKB mobil/motor dengan jasa simpat atau tarif ijarah 1%.
Dari hasil penelitian penulis dengan menggunkan analisis SWOT. Pertama Pegadaian Syariah Pasar Johar Semarang masih dalam keadaan yang stabil. Hal ini dapat dilihat dari terus meningkatnya jumlah nasabah, uang pinjaman/omzet, meningkatnya jumlah nasabah arrum. Keadaan ini mungkin akan baik lagi apabila dalam pemasaran, pegadaian memperbanyak strategi melalui promosi yang belum dilakukan seperti iklan radio dan televisi dan mengunakan formulasi strategi diatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Siti Mujibatun, M. Ag.; Johan Arifin, S. Ag., MM.
Uncontrolled Keywords: Manajemen pemasaran; Usaha mikro; Pegadaian syariah
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 13 Oct 2017 03:58
Last Modified: 13 Oct 2017 03:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7377

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics