Strategi marketing door to door dalam meningkatkan jumlah anggota di BMT Al-Hikmah Cabang Gunungpati Sekaran

Murti, Nurizka Listyo (2017) Strategi marketing door to door dalam meningkatkan jumlah anggota di BMT Al-Hikmah Cabang Gunungpati Sekaran. Diploma thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
1405015121.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

BMT Al-Hikmah Cabang Gunungpati Sekaran terletak dilokasi yang strategis dengan mayoritas penduduk yang memiliki usaha. Namun disamping itu BMT Al-Hikmah Cabang Gunungpati Sekaran juga memiliki pesaing maka salah satu cara atau strategi yang dilakukan BMT Al-Hikmah Cabang Gunungpati Sekaran untuk meningkatkan jumlah anggotanya adalah dengan cara door to door atau jemput bola. Strategi marketingdoor to door atau jemput bola disini merupakan bagian dari strategi bauran pemasaran yang berada pada promosi, dimana promosi adalah salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam rangka memasarkan produk jasa. Adapun pokok masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana BMT Al-Hikmah Cabang Gunungpati Sekaran dalam menjalankan strategi marketing door to door dan kendala apa yang dihadapi saat menjalankan strategi marketing door to door. Jenis Penelitian Tugas Akhir ini adalah penelitian lapangan (field research). Maka penulis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sumber data diperoleh melalui sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan analisis data deskripif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan strategi marekting door to door sangat berpengaruh terhadap perkembangan jumlah anggota BMT Al-Hikmah Cabang Gunungpati Sekaran dari tahun ke tahun mengalami peningkatan cukup signifikan. Adapun kegiatan door to dooryang dilakukan oleh BMT Al-Hikmah Cabang Gunungpati Sekaran yaitu marketing melakukan perencanaan terlebih dahulu kemudian terjun kelapangan setalah itu memfollow up anggota dan calon anggota baru. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam menjalankan strategi marekting door to door antar lain cuaca yang tidak menentu, pesaing, dan kurangnya pemahaman marketing terhadap produk yang akan mereka tawarkan kepada masyarakat dan calon anggota baru.

[error in script]
Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorFauzi, MuchamadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Marketing mangement; Nasabah
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Additional Information: Pembimbing : H. Muchamad Fauzi, SE., MM.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 17 Oct 2017 08:41
Last Modified: 17 Oct 2017 08:41
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7401

Actions (login required)

View Item View Item