Strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan minat menabung masyarakat di BMT Al Hikmah Cabang Gunungpati

Huda, Afif Nuril (2017) Strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan minat menabung masyarakat di BMT Al Hikmah Cabang Gunungpati. Diploma thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyak masyarakat yang mulai tertarik dengan sistem syariah yang diterapkan di BMT, masyarakat mulai enggan berhubungan dengan bank yang menggunakan sistem ribawi karena sistem syariah dianggap lebih mendatangkan keamanan dan kenyamanan serta menghindarkan mereka dari riba. Namun, di Gunungpati banyak masyarakat yang kurang berminat menabung di BMT Al Hikmah cabang Gunungpati. Hal ini disebabkan kantor yang ditempati BMT Al Hikmah cabang Gunungpati merupakan bekas kantor BMT Fajar Mulia yang tutup karena bermasalah. Masyarakat menganggap BMT Al Hikmah cabang Gunungpati sama saja dengan BMT Fajar Mulia. Hal tersebut membuat pegawai BMT Al Hikmah cabang Gunungpati harus bekerja keras untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, dan menjelaskan kepada masyarakat bahwa BMT Al Hikmah cabang Gunungpati berbeda dengan BMT Fajar Mulia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan di BMT Al Hikmah cabang Gunungpati untuk meningkatkan minat menabung masyarakat, dan faktor pendukung serta faktor penghambat apa saja dalam pelaksanaan strategi pemasaran di BMT Al Hikmah cabang Gunungpati. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan BMT Al Hikmah cabang Gunungpati dalam meningkatkan minat menabung masyarakat adalah (1) Dengan memberikan service excellent kepada anggotanya. (2) Melakukan personal selling dengan cara door to door. (3) Melakukan advertising dengan menggunakan brosur-brosur yang berisi kelebihan dan keistimewaan produk-produk BMT Al Hikmah. (4) Melakukan publisitas dengan mengadakan kegiatan sosial. Adapun faktor-faktor yang menjadi pendorong kegiatan pemasaran BMT Al Hikmah cabang Gunungpati, meliputi: (1) Melayani anggota dengan pelayanan prima, (2) Lokasi yang mudah dijangkau, (3) Masyarakat mulai tertarik pada BMT yang sistem operasionalnya berbasis syariah. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat kegiatan pemasaran di BMT Al Hikmah cabang Gunungpati adalah: (1) Kurangnya kepercayaan masyarakat pada BMT Al Hikmah cabang Gunungpati, (2) Permodalan untuk kegiatan pemasaran masih minim, (3) Promosi produk di BMT Al Hikmah cabang Gunungpati masih belum maksimal, (4) Kurangnya SDM (Sumber Daya Manusia) yang kompeten, (5) kurangnya pemahaman masyarakat tentang BMT, (6) Banyaknya pesaing dari BMT dan lembaga keuangan lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorFauzi, MuchamadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Minat menabung; BMT
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Additional Information: Pembimbing : H. Muchamad Fauzi, SE., MM.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 20 Oct 2017 07:26
Last Modified: 20 Oct 2017 07:26
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7402

Actions (login required)

View Item View Item