Analisis strategi pemasaran BMT Harapan Umat Pati Cabang Puri dalam meningkatakan minat anggota terhadap produk tabungan Simpanan Pelajar

Sulistyoningrum, Laxmi (2017) Analisis strategi pemasaran BMT Harapan Umat Pati Cabang Puri dalam meningkatakan minat anggota terhadap produk tabungan Simpanan Pelajar. Diploma thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
1405015177.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya produk penghimpunan dana di BMT Harapan Umat Pati Yang kurang diminati anggota yaitu produk simpanan pelajar yang menggunakan akad mudharabah mutlaqah. oleh karena itu penulis tertarik untuk meniliti produk tersebut. Yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu; pertama, bagaimana strategi pemasaran produk simpanan pelajar di BMT HARUM PATI, kedua, Bagaimana Mekanisme Produk Simpanan Pelajar BMT HARUM Pati, ketiga, Apa saja kendala yang dihadapi pada strategi produk simpanan pendidikan di BMT HARUM PATI. Metode penelitian yang digunakan dalam dalam Tugas Akhir ini adalah penelitian lapangan dengan mengambil lokasi penelitian di BMT HARUM PATI dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data sekunder yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Hasil penelitian ini adalah strategi pemasaran yang digunakan BMT HARUM Pati adalah dengan menggunakan 4P yaitu strategi produk, strategi harga,strategi distribusi, dan strategi promosi, tetapi yang memiliki peranan penting dalam pemasaran produk simpanan pelajar adalah strategi promosi yang dilakukan para marketing dalam memperkanalkan produk. Mekanisme pembukaan rekening simpanan pelajar sama seperti halnya BMT-BMT lainya dengan melengkapi persyratan dan ketentuan yang berlaku. Kendala-kendala yang di hadapi BMT HARUM Pati dalam memasarkan produk simpanan pelajar yaitu kurangnya minat menabung, kurangnya perhatian masyarakat saat melakukan kegiatan promosi, kurangnya pemahaman produk, dan persaingan antar pesaing, solusi meningkatkan minat anggota terhadap produk simpanan pelajar yaitu memberikan edukasi kepada calon anggota/masyarakat untuk merencanakan dananya dalam biaya pendidikan, menginovasi produk simpanan pelajar, dan lebih gencar lagi dalam melakukan kegiatan pemasaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorHuda, ChoirulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Nasabah; Tabungan pelajar
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Additional Information: Pembimbing : Choirul Huda, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 20 Oct 2017 07:31
Last Modified: 20 Oct 2017 07:31
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7407

Actions (login required)

View Item View Item