Kreativitas guru dalam mengembangkan kecerdasan kognitif siswa pada mapel rumpun Pendidikan Agama Islam di MAN 02 Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus

Husna, Fikriyatul (2017) Kreativitas guru dalam mengembangkan kecerdasan kognitif siswa pada mapel rumpun Pendidikan Agama Islam di MAN 02 Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (916kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kreativitas guru rumpun PAI di MAN 02 Kudus sudah baik dalam mengembangkan kecerdasan kognitif siswa dengan kreativitas dalam: (1) pendekatan yang digunakan adalah pendekatan saintific ; (2) strategi yang digunakan berupa resources based learning atau pembelajaran berbasis aneka sumber (BEBAS) dan colaborative based learning ; (3) metode yang digunakan guru di MAN 02 Kudus lebih bervariatif yang disesuaikan KI dan KD yaitu metode diskusi, metode debat active, metode Teams games tournaments (TGT), metode imla’, metode ceramah (namun metode ceramah bukanlah metode pokok) ; (4) keterampilan dasar mengajar menggunakan keterampilan bertanya 81,3 %, 79% untuk memberi penguatan, 75,2 untuk variasi, 84% untuk keterampilan menjelaskan, 83 % untuk membuka dan menutup pelajaran, untuk mengelola kelas 75,1%, dan untuk membimbing diskusi 81,3%. Dalam pengembangan kecerdasan kognitif mayoritas siswa MAN 02 Kudus dalam proses kognitif Revisi Taksonomi Bloom sudah baik, mencakup taraf kognitif mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis dan mengevaluasi, mencipta. Namun, apabila mencipta diartikan menciptakan suatu produk baru tentu ini akan sulit direalisasikan terlebih pada mapel PAI.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMursid, MursidUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Guru; Kecerdasan kognitif; Pendidikan agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing : H. Mursid, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 27 Oct 2017 01:35
Last Modified: 27 Oct 2017 01:35
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7426

Actions (login required)

View Item View Item