Efektivitas metode learning starts with a question terhadap hasil belajar IPS materi perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia di kelas V MI Futuhiyyah Mranggen Demak tahun ajaran 2016/2017

Anggraini, Novi (2017) Efektivitas metode learning starts with a question terhadap hasil belajar IPS materi perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia di kelas V MI Futuhiyyah Mranggen Demak tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (695kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (386kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (381kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Pada penelitian eksperimen peneliti dapat membandingkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 peserta didik dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 peserta didik. Kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas sebelum diberi perlakuan. Pembelajaran kelas eksperimen menggunakan metode learning starts with a question sedangkan kelas kontrol menggunakan metodel pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode observasi, dokumentasi, dan tes.
Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil test yang telah dilakukan diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen adalah 77,67 sedangkan rata-rata nilai pada kelas kontrol adalah 69,65. Berdasarkan hasil uji t test diperoleh thitung = 2,529 dan ttabel = 1,67 dengan taraf signifikansi sebesar 5%, jika thitung > ttabel maka Ha diterima artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang menggunakan metode learning starts with a question dengan yang menggunakan metode konvensional. Dapat disimpulkan bahwa metode learning starts with a question efektif terhadap hasil belajar IPS materi Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia di kelas V MI Futuhiyyah Mranggen Demak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pendidikan dasar; Hasil belajar; Ilmu pengetahuan sosial
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 27 Oct 2017 01:38
Last Modified: 05 Jun 2021 05:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7430

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics