Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS materi pokok Peninggalan Sejarah Indonesia kelas IV MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2016/2017

Fitriani, Umi Intan (2017) Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS materi pokok Peninggalan Sejarah Indonesia kelas IV MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Pada penelitian eksperimen peneliti dapat membandingkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 peserta didik dan kelas IVB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 peserta didik. Kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas sebelum diberi perlakuan. Pembelajaran kelas eksperimen menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode observasi, dokumentasi, dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil test yang telah dilakukan diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen adalah 80,62 sedangkan rata-rata nilai pada kelas kontrol adalah 71,91. Berdasarkan hasil uji t test diperoleh thitung = 3,805 dan ttabel = 1,668 dengan taraf signifikansi sebesar 5%, jika thitung > ttabel maka Ha diterima artinya pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih efektif meningkatkan hasil belajar IPS materi pokok peninggalan sejarah di Indonesia dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif think pair share efektif meningkatkan hasil belajar IPS materi pokok peninggalan sejarah di Indonesia kelas IV MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi, motivasi dan sebagai bahan masukan bagi para pendidik (guru).

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorSukasih, SukasihUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar; Pembelajaran kooperatif; Ilmu sosial untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Sukasih, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 27 Oct 2017 01:42
Last Modified: 27 Oct 2017 01:42
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7433

Actions (login required)

View Item View Item