Peran pondok pesantren dalam mengembangkan karakter disiplin (studi kasus di Pondok Pesantren Darunnajah Kepil Wonosobo)

Taufiqurrohman, Arif (2017) Peran pondok pesantren dalam mengembangkan karakter disiplin (studi kasus di Pondok Pesantren Darunnajah Kepil Wonosobo). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi karena semakin banyaknya perilaku negatif masyarakat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari terutama dikalangan anak usia sekolah seperti penggunaan obat terlarang, pelecehan seksual, sikap agresif, tawuran, bullying, dan lain-lain. Perilaku-perilaku negatif membuat orang tua khawatir dengan pergaulan anak-abaknya. Untuk mengantisipasinya supaya tidak mudah larut dalam kerusakan moral, maka diperlukan tempat pendidikan yang dapat mengubah perilaku buruk tersebut menjadi lebih baik. Salah satunya Pondok Pesantren, di pesantren banyak menyuguhkan berbagai macam cara atau kegiatan dalam upaya membentuk karakter disiplin pada santri. Salah satunya dengan memberlakukan sebuah aturan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, (1) Bagaimana peran Pondok Pesantren dalam mengembangkan karakter disiplin santri Di Pondok Pesantren Darunnajah Kepil, Wonosobo? (2) Apa hambatan yang dihadapi Pondok Pesantren Darunnajah dalam mengambangkan Karakter Disiplin? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian adalah Pondok Pesantren Darunnajah Kepil Wonosobo, yang terletak di Jl. Purworejo Km. 26 Kepil Wonosobo 56374. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara terhadap orang-orang yang dianggap berhubungan erat dengan permasalahan yang diteliti, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode interaktif dengan langkah meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran Pondok Pesantren Darunnajah Kepil Wonosobo dalam mengembangkan karakter disiplin santri dilakukan disiplin secara umum dapat dikatakan berjalan sebagaimana mestinya, Kiat-kiat penanaman kedisiplinan yang dilakukan melalui peningkatan motivasi, pendidikan dan latihan, kepemimpinan, penegakan aturan serta penerapan reward and punishment. (2) Kendala yang dihadapi dalam penerapan pendidikan karakter di pondok pesantren, meliputi: sering kali santri kelelahan dan dalam mengikuti kegiatan pondok pesantren sehingga tidak sedikit santri yang pernah menerima hukuman, serta karakter dan kebiasaan santri yang baru memasuki semester awal di pondok pesantren masih sulit untuk diatasi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMustopa, MustopaUNSPECIFIED
Thesis advisorKhunaefi, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter; Pondok pesantren; Kedisiplinan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Mustopa, M. Ag.; Agus Khunaefi, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 27 Oct 2017 01:46
Last Modified: 27 Oct 2017 01:46
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7437

Actions (login required)

View Item View Item