Aplikasi Gagasan Fiqh Sosial KH Sahal Mahfudh dalam Dunia Pendidikan (Studi Kasus di Pondok Pesantren Maslakul Huda Kajen Pati)

Setyawan, Heri (2012) Aplikasi Gagasan Fiqh Sosial KH Sahal Mahfudh dalam Dunia Pendidikan (Studi Kasus di Pondok Pesantren Maslakul Huda Kajen Pati). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111150_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111150_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111150_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111150_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111150_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111150_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111150_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pendidikan fiqh sosial KH Sahal Mahfudh. Kajiannya dilatar belakangi Tuntutan ilmu fiqh untuk bisa menyesuaikan kehidupan modern yang berlaku sekarang. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Apa isi gagasan pendidikan fiqh sosial yang dikemukakan KH Sahal Mahfudz?. (2) Bagaimana aplikasi dari gagasan pendidikan fiqh sosial di Pondok Pesantren Maslakul Huda Kajen Pati?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi kepustakaan mengenai gagasan pendidikan Kiai Sahal Mahfudh serta diverifikasikan pada penelitian lapangan yang dilaksanakan di pondok pesantren Maslakul Huda. Santri, pengasuh, pengurus dan alumni dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret aplikasi gagasan pendidikan fiqh sosial KH Sahal Mahfudh. Datanya diperoleh dengan cara wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan analisis deskriptif menggunakan logika induktif. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Gagasan pendidikan fiqh sosial merupakan suatu gagasan pendidikan yang dicetuskan Kiai Sahal untuk membimbing peserta didik memperoleh pemahaman yang mumpuni dalam bidang fiqh sekaligus mampu memahami problematika masyarakat. (2) Pendidikan Fiqh sosial diaplikasikan pada sistem pendidikan pondok yang mencakup materi dan aplikasi sekaligus. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan di pondok pesantren Maslakul Huda mencakup pebelajaran sistem klasikal dan sekaligus menerapkan pembelajaran tersebut pada kehidupan keseharian yang santri lakukan di pondok. Sifat fiqh sosial yang mencakup seluruh aspek kehidupan manusia menjadikan aplikasi gagasan pendidikan fiqh sosial dibagi menjadi beberapa ranah yang saling terkait antara satu dan lain. Temuan tersebut memberikan acuan bagi sistem pengajaran mengenai ilmu fiqh kontemporer yang diharapkan mampu memberikan pemahaman yang lebih arif dalam memahami syariat Islam Dengan beberapa temuan yang peneliti peroleh mengenai fiqh sosial, ada beberapa hal yang ingin peneliti sarankan agar fiqh sosial ini tidak hanya menjadi gagasan kilat yang ketika pencetusnya wafat gagasannya ikut menghilang. Saran tersebt antara lain: Kiai Sahal sebagi pencetus fiqh sosial sekaligus pembaharu ilmu fiqh diharapkan untuk senantiasa berkarya dan memberikan kontribusi yang lebih besar lagi bagi umat Islam pada umumnya. Pendidikan fiqh sosial perlu untuk terus dikembangkan agar bisa terus mencetak kader kader ulama Islam yang nantinya akan tersebar keseluruh Indonesia.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Fiqh Sosial; KH Sahal Mahfudh; Pendidikan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 09 Dec 2013 07:06
Last Modified: 09 Dec 2013 07:06
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/744

Actions (login required)

View Item View Item