Pendidikan akal dalam perspektif Al-Qur’an (analisis Tafsir Tahlili Al Qur’an Surat Ali Imran ayat 190-191)

Arifah, Siti Eli (2017) Pendidikan akal dalam perspektif Al-Qur’an (analisis Tafsir Tahlili Al Qur’an Surat Ali Imran ayat 190-191). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-I.pdf - Accepted Version

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-II.pdf - Accepted Version

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-III.pdf - Accepted Version

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-IV.pdf - Accepted Version

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-V.pdf - Accepted Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (395kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendidikan akal dalam perspektif al Qur’an. Kajian ini dilatar belakangi oleh pemahaman berkenaan dengan pendidikan akal yang terkandung dalam surat Ali Imran ayat 190-191 perlu diperdalam. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan mengenai (1) Bagaimana pendidikan akala dalam perspektif al Qur’an surat Ali Imran ayat 190-191? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif studi pustaka (library research), dengan menggumpulkan data dari berbagai sumber terkait kemudian dianalisis dengan tafsir tahlili untuk ditarik kesimpulan. Telaah penelitian menunjukkan bahwa pendidikan akal dalam perspektif al Qur’an merupakan usaha sadar dalam mebentuk pola pikir individu terhadap segala sesuatu yang bermanfaat, baik berupa ilmu agama, pengetahuan umum, peradaban, kebudayaan, sebagai wujud penghambaan kepada Allah yang diterapkan dalam kehidupan. Mereka itulah yang disebut ulul albab, orang-orang yang memiliki akal murni, memiliki kemampuan intelektual menguasai ilmu dan spiritual mumpuni sehingga mampu mengatur emosi, mereka menggunakan kecakapannya semata untuk beribadah tunduk kepada Allah SWT yang diharapkan dengan kesadaran yang dibangun tersebut dapat membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Ayat-ayat al Qur’an baik kauniyah atau qauliyah dapat dijadikan objek materi pendidikan akal, yang disajikan dengan metode yang sesuai dengan pembahasan dan tidak keluar dari yujuan pendidikan al Qur’an yang ada dalam perspektif kedua ayat tersebut. Adapun hasil kajian ini diharapkan bisa menjadi bahan informasi dan konfirmasi bagi segenap pihak yang berkepentingan dengan kajian ini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMuthohar, AhmadUNSPECIFIED
Thesis advisorKunaepi, AangUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan akal; Tafsir Al-Qur'an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: H. Ahmad Muthohar, M .Ag.; Aang Kunaepi, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 27 Oct 2017 01:59
Last Modified: 27 Oct 2017 01:59
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7447

Actions (login required)

View Item View Item