Upaya peningkatan hasil belajar materi operasi hitung bilangan bulat melalui metode make a match dan media benda konkrit kelas V MI NU 15 Jambearum Patebon Kendal tahun pelajaran 2016/2017

Winarso, Ahmad Andi (2016) Upaya peningkatan hasil belajar materi operasi hitung bilangan bulat melalui metode make a match dan media benda konkrit kelas V MI NU 15 Jambearum Patebon Kendal tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (553kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (462kB) | Preview

Abstract

Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: bagaimanakah metode make a match dan media benda konkrit berupa kancing dapat meningkatkan hasil belajar materi operasi hitung bilangan bulat pada peserta didik kelas V MI NU 15 Jambearum Patebon Kendal tahun pelajaran 2016/2017?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: metode make a match dan media benda konkrit berupa kancing dapat meningkatkan hasil belajar materi operasi hitung bilangan bulat pada peserta didik kelas V MI NU 15 Jambearum Patebon Kendal tahun pelajaran 2016/2017, hal ini dapat dilihat dari kenaikan hasil belajar siklusnya dimana pada pre elemanary research yakni 12 peserta didik atau 36%, mengalami kenaikan dari siklus I yakni 18 peserta didik atau 69%, dan pada siklus II ada 23 peserta didik atau 88%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Hasil belajar; Matematika untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 28 Oct 2017 04:01
Last Modified: 09 Dec 2021 09:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7469

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics