Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hafalan surat–surat pendek mapel Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas III MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang Semarang

Malik, Malik (2016) Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hafalan surat–surat pendek mapel Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas III MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (599kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (613kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (846kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh selama ini metode yang digunakan di kelas III MI Nashrul Fajar Tembalang Semarang masih bersifat klasik dengan mengandalkan sorogan sehingga siswa bersifat pasif dan susah memahami materi. Begitu juga media yang digunakan selama ini dalam pembelajaran al-Qur’an Hadits hanya menggunakan media belajar black board dalam menjelaskan materi dan mengajarkan hafalan sehingga siswa kurang tertarik dengan pembelajaran yang dilakukan dan pada akhirnya mempengaruhi hasil hafalannya.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah penggunaan media Audio Visual dapat meningkatkan hafalan surat-surat pendek mapel Al-Qur’an Hadist pada siswa kelas III MI Nashrul Fajar Tembalang Semarang?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar pada peserta didik setelah diterapkannya metode resitasi dan media audio visual pada materi surat-surat pendek. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat pada tabel observasi yaitu pada pre elemanary research hanya ada 12 peserta didik atau 48% mengalami kenaikan pada Siklus I ada 17 peserta didik atau 68% dan pada siklus II sudah mencapai 22 peserta didik atau 88%. Begitu juga pada keaktifan belajar mengalami kenaikan tiap siklusnya yaitu pada siklus I ada 16 peserta didik atau 64% yang tuntas dan mengalami kenaiakan pada siklus II yaitu mencapai 23 peserta didik atau 92%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Audio-Visual; Hafalan surat pendek; Baca tulis Al-Qur'an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 28 Oct 2017 04:03
Last Modified: 26 Jun 2021 06:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7471

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics