Meningkatkan hasil belajar Fiqih materi tata cara haji menggunakan metode simulasi bagi siswa kelas V MI Pasekan Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2015/2016

Huda, Samsul (2016) Meningkatkan hasil belajar Fiqih materi tata cara haji menggunakan metode simulasi bagi siswa kelas V MI Pasekan Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (611kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (418kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (650kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (888kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rumusan permasalahan adalah bagaimanakah penerapan metode simulasi dalam pembelajaran Fiqih materi tata cara haji kelas V MI pasekan kecamatan ambarawa kabupaten semarang tahun 2015/2016 dan apakah metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar materi tata cara haji siswa kelas V MI Pasekan kecamatan ambarawa kabupaten semarang Tahun 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di MI Pasekan dengan Objeknya siswa kelas V dengan jumlah 7 anak.
Penerapan Metode Simulasi dalam Pembelajaran Fiqih Materi Tata Cara Haji Kelas V MI Pasekan Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 cukup baik dan dapat meningkatkan antusias belajar siswa.
Metode Simulasi dapat Meningkatkan Hasil Belajar dengan dibuktikan pada pencapaian tahap siklus I kategori Baik 0 %, Cukup 57,14 %, Kurang 0 % dan Sangat Kurang 42,86 % dan Pada tahap siklus dengan tingkat ketuntasan berjumlah 4 orang dengan prosentase 57,14 %. Sedangkan pada siklus II meningkat kategori Baik sekali 14,28 %, Baik 57,14 %, Cukup 28,56 % dan sangat kurang 0 %. Hal ini berarti pada tahap siklus I ketuntasan siswa 57,14 % dan kemudian pada tahap siklus 2 mengalami peningkatan lagi sebesar 42,86 % menjadi 100 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ahwan Fanani, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Fiqih; Haji dan Umrah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 30 Oct 2017 09:07
Last Modified: 30 Oct 2017 09:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7472

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics