Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui kegiatan outbound (studi pada kelas IV di Sekolah Dasar Alam Auliya Kendal)

Amala, Khusna (2017) Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui kegiatan outbound (studi pada kelas IV di Sekolah Dasar Alam Auliya Kendal). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui kegiatan outbound (studi pada kelas IV di Sekolah Dasar Alam Auliya Kendal) yang merupakan suatu lembaga penyelenggara pendidikan tingkat dasar dengan konsepnya menggunakan sekolah alam yang didalamnya terdapat kegiatan outbound, sehingga menarik perhatian penulis dalam meneliti internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui kegiatan outbound di sana khususnya pada kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana proses kegiatan outbound dan 2) bagaimana internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui kegiatan outbound khususnya pada kelas IV yang diterapkan di Sekolah Dasar Alam Auliya Kendal. Metode penelitian yang dipakai adalah jenis kualitatif deskriptif, dimana penulis membuat deskriptif, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat dengan kata-kata mengenai fakta-fakta atau fenomena yang diselidiki. Dimana hasil penelitiannya didapatkan berdasarkan teknik pengumpulan data berupa hasil observasi, wawancara serta studi dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dalam bentuk uraian deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh sebuah kesimpulan bahwa 1) proses kegiatan outbound diikuti oleh semua peserta didik dari kelas 1-VI yang mana kegiatannya melalui berbagai tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Sedangkan 2) menginternalisasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui tiga tahapan, yaitu tahap transformasi nilai, tahap transaksi dan tahap transinternalisasi nilai.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorRidwan, RidwanUNSPECIFIED
Thesis advisorMutohar, SofaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan agama Islam; Outbound; Model pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing : H. Ridwan, M. Ag.; Sofa Muthohar, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 30 Oct 2017 09:10
Last Modified: 30 Oct 2017 09:10
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7476

Actions (login required)

View Item View Item