Pengaruh intensitas supervisi akademik kepala madrasah terhadap kinerja guru agama di MI se-Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan

Zulfa, Alfina (2017) Pengaruh intensitas supervisi akademik kepala madrasah terhadap kinerja guru agama di MI se-Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (875kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (387kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (529kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (469kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (812kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang intensitas supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala madrasah terhadap kinerja guru agama di MI se-Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana intensitas supervisi akademik kepala madrasah di MI se-Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan? (2) Bagaimana kinerja guru agama di MI se-Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan? (3) Seberapa besar pengaruh intensitas supervisi akademik kepala madrasah terhadap kinerja guru agama di MI se-Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di semua Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 12 MI.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data statistik. Dalam penelitian ini responden sebanyak 44 guru. Instrumen angket sebelum digunakan untuk memperoleh data yang obyektif, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Setelah dilakukan uji instrumen kemudian peneliti menyebar angket untuk memperoleh data X dan Y. Selanjutnya hasil dari perhitungan statistik dengan koefisien korelasi dan analisis regresi, dimana terdapat korelasi yang positif antara intensitas supervisi akademik (X) terhadap kinerja guru agama (Y), hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi 0,630>(0,297) pada taraf signifikansi 5% dan (0,384) pada taraf signifikansi 1% yang berarti signifikan. Sementara itu, uji F sebesar 27,664>(4,07) pada taraf signifikansi 5% dan (7,27) pada taraf signifikansi 1%, maka dalam hal ini dapat berarti signifikan. Dengan demikian dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara intensitas supervisi akademik kepala madrasah terhadap kinerja guru agama di MI se-Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Dr. Mustaqim, M. Pd.; Mukhamad Rikza, MSI.
Uncontrolled Keywords: Kepala sekolah; Kinerja guru; Supervisi pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 06 Nov 2017 04:56
Last Modified: 06 Nov 2017 04:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7485

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics