Analisis motivasi mahasiswa memilih pendidikan pada Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan di Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang (studi kasus pada mahasiswa tahun ajaran 2015/2016)

Khoirurrizqiyah, Khoirurrizqiyah (2017) Analisis motivasi mahasiswa memilih pendidikan pada Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan di Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang (studi kasus pada mahasiswa tahun ajaran 2015/2016). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (713kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (551kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Setiap keputusan membutuhkan pertimbangan, begitu juga ketika seseorang memutuskan perguruan tinggi mana ia akan melanjutkan pendidikannya. Dalam hal ini, motivasi (pendorong) memiliki pengaruh terhadap keputusan yang akan diambil.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Motivasi apa yang menyebabkan mahasiswa angkatan 2015/2016 memilih untuk menempuh pendidikan pada jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan di Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, dan 2) Motivasi yang lebih dominan antara motivasi intrinsik dengan motivasi ekstrinsik yang menyebabkan mahasiswa angkatan 2015/2016 memilih untuk menempuh pendidikan pada jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan di Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Subjek penelitian ini berjumlah 89 mahasiswa dari jumlah populasi 115 mahasiswa yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) yang diolah dan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan menggunakan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Motivasi mahasiswa memilih jurusan MPI disebabkan oleh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. 53% bersumber pada motivasi intrinsik dan 47% bersumber pada motivasi ekstrinsik. Presentase tertinggi sampai terendah dari motivasi intrinsik adalah tujuan dengan presentase 82%, minat dengan presentase 77%, bakat dengan presentase 75%, dan keterampilan dengan presentase 75%. Sedangkan presentase tertinggi sampai terendah dari motivasi ekstrinsik adalah dunia kerja dengan presentase 78%, biaya dengan presentase 76%, orang tua dengan presentase 71%, teman dengan presentase 62%, dan masyarakat dengan presentase 62%. 2) Motivasi yang lebih dominan dalam memotivasi mahasiswa angkatan 2015/2016 untuk menempuh pendidikan pada jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan di Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang adalah motivasi intrinsik dengan persentase 53%, sedangkan motivasi ekstrinsik dengan persentase 47%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Dr. Danusiri, M. Ag.; Drs. H. Abdul Wahid, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Motivasi pendidikan; Pendidikan Tinggi; Program studi; Jurusan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 07 Nov 2017 05:18
Last Modified: 07 Nov 2017 05:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7490

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics