Pelaksanaan bimbingan belajar dengan pendekatan active learning metode drill dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca huruf Arab pada bidang studi aspek Alqur’an (PTK pada kelas X SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal)

Saroji, Saroji (2015) Pelaksanaan bimbingan belajar dengan pendekatan active learning metode drill dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca huruf Arab pada bidang studi aspek Alqur’an (PTK pada kelas X SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal). Masters thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
115112069_awal.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
115112069_bab1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
115112069_bab2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
115112069_bab3.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] Text
115112069_bab4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
115112069_bab5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
115112069_bibliografi.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (911kB) | Preview

Abstract

Dilatar belakangi dari hasil tes masuk penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2014/2015 bagian tes wawancara dari segi membaca huruf Arab bidang studi PAI aspek Alqur’an ternyata dari calon peserta didik baru terutama yang yang beragama Islam sejumlah 288 siswa, ada 15 % atau sama dengan 43 siswa, belum maksimal kemampuannya dalam membaca huruf Arab. Problem yang timbul dalam pelaksanaan bimbingan belajar membaca huruf Arab seperti melafalkan dan mengenali simbol-simbol huruf Arab mengalami kesulitan, tersendat-sendat, ragu-ragu dan gagap dalam membaca huruf Arab. Sedang pada metodologi siswa tidak kreatif untuk menggunakan metode yang relevan, adapun pada pembimbing dalam menyampaikan materi masih monoton pada metode ceramah saja tidak bervariatif. Pendekatannya dengan active learning adalah segala bentuk pembelajaran yang memungkinkan peserta didik berperan secara aktif dalam proses pembelajaran, baik dalam bentuk interaksi antar peserta didik ataupun peserta didik dengan guru dalam proses pembelajaran. Salah satu pendekatan active learning yang digunakan dalam bimbingan belajar yaitu dengan metode drill yaitu metode yang mengajarkan siswa untuk melaksanakan kegiatan latihan agar siswa memiliki ketegasan atau keterampilan yang lebih tinggi daripada hal-hal yang telah dipelajari, sehingga dalam pelaksanaanya sangat kondusif agar kemampuan membaca huruf Arab berhasil dengan seoptimal mungkin sesuai yang diharapkan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca huruf Arab, teknik pengumpulan data aktivitas belajar dilakukan dengan metode observasi dan data perolehan hasil tes lisan/membaca huruf Arab, teknis analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode komperatif/perbandingan. Peristiwa yang timbul setiap siklus dibandingkan kemudian dideskripsikan ke dalam suatu bentuk data penilaian. Demikian juga secara deskriptif kuantitatif dengan mencari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Dari nilai rata-rata dan persentase itu dibandingkan setiap siklusnya akan dideskripsikan ke arah kecenderungan tindakan bimbingan dan reaksi serta hasil bimbingan siswa. Prosedur penelitian tindakan kelas ini ditempuh dalam 1 siklus. Hasil analisis data menunjukkan bahwa melalui penggunaan pendekatan active learning metode drill dalam pelaksanaan bimbingan belajar kemampuan membaca huruf Arab siswa kelas X SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal dapat ditingkatkan. Hasil kemampuan siswa dalam membaca huruf Arab pada tes lisan/membaca akhir pra siklus yang dinyatakan tuntas mencapai 12 siswa (27,91 %), yang belum tuntas ada 31 siswa (72,09 %). Pada siklus 1 dapat meningkat perolehannya yang dinyatakan tuntas mencapai 42 siswa (97,67 %), dan kategori belum tuntas ada 1 siswa (2,33 %). Dinyatakan tuntas baik secara individual maupun klasikal/kelompok. Perhatian dan antusias siswa dapat meningkat dalam mengikuti kegiatan pelaksanaan bimbingan belajar dan terarah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorHamdani, HamdaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan belajar; Active learning; Membaca huruf Arab; membaca Alquran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 23 Nov 2017 03:31
Last Modified: 23 Nov 2017 03:31
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7503

Actions (login required)

View Item View Item