Studi komparasi motivasi belajar berdasarkan tempat tinggal dan jenis kelamin peserta didik MAN 1 Semarang tahun pelajaran 2013/2014

Sofiatun, Sofiatun (2015) Studi komparasi motivasi belajar berdasarkan tempat tinggal dan jenis kelamin peserta didik MAN 1 Semarang tahun pelajaran 2013/2014. Masters thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
125112052_awal.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
125112052_bab1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
125112052_bab2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (252kB) | Preview
[img] Text
125112052_bab3.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (975kB)
[img] Text
125112052_bab4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
125112052_bab5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
125112052_bibliografi.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) apakah terdapat perbedaan motivasi belajar antara peserta didik yang tinggal di asrama dan yang tinggal di rumah, 2) apakah terdapat perbedaan motivasi belajar antara peserta didik laki-laki dan perempuan, 3) apakah ada pengaruh secara interaktif antara tempat tinggal dan jenis kelamin terhadap motivasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini merupakan penelitian sampel karena peserta didik yang dijadikan responden hanya 78 dari jumlah seluruh peserta didik MAN 1 Semarang, yakni 1171 peserta didik. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode angket untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik, dengan jumlah item pada angket yang tersebar sebanyak 30 item. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik anava dua jalur, karena masing-masing variabel independen memiliki dua faktor. Adapun variabel dependen dalam penelitian ini adalah motivasi belajar, sedangkan variabel independennya adalah tempat tinggal dan jenis kelamin. Tempat tinggal mempunyai dua faktor, yakni rumah dan asrama, dan jenis kelamin juga memiliki dua faktor, yakni laki-laki dan perempuan. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua hipotesis yang diajukan signifikan. Hipotesis pertama dan kedua dalam penelitian ini tidak signifikan, hanya hipotesis yang ketiga yang signifikan. Adapun kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah sebagai berikut:  Terdapat perbedaan motivasi belajar antara peserta didik yang tinggal di asrama dan yang tinggal di rumah. Hal ini dikarenakan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 330,875 > 6,99.  Tidak terdapat perbedaan motivasi belajar antara peserta didik laki-laki dan perempuan. Hal ini dikarenakan nilai Fhitung < Ftabel yaitu 1,076 < 6,99.  Tidak terdapat pengaruh secara interaktif antara tempat tinggal dan jenis kelamin terhadap motivasi belajar. Hal ini dikarenakan nilai Fhitung < Ftabel yaitu -0,403 < 6,99. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para mahasiswa dan para tenaga pengajar di kalangan Progam Pascasarjana UIN Walisongo Semarang terutama dalam memberi dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara lebih memadai.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorRahardjo, RahardjoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 23 Nov 2017 05:55
Last Modified: 23 Nov 2017 05:55
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7507

Actions (login required)

View Item View Item