Studi Deskriptif Pendidikan Karakter di Panti Asuhan Alhikmah Polaman Mijen Semarang

Muslim, Khafizh (2013) Studi Deskriptif Pendidikan Karakter di Panti Asuhan Alhikmah Polaman Mijen Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111156_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111156_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111156_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111156_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111156_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111156_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111156_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (21kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Nilai-nilai Pendidikan Karakter di Panti Asuhan Al- Hikmah dalam perspektif Islam. 2) Implementasi Pendidikan Karakter di Panti Asuhan Al- Hikmah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian Kualitatif adalah Penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain, secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode, utuh dan merupakan suatu kesatuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Teknik ini dimaksudkan bahwa peneliti menjelaskan kondisi riil tentang Pendidikan Karakter yang berlangsung di Panti Asuhan Al- Hikmah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Nilai-nilai Pendidikan Karakter di Panti Asuhan AL Hikmah diterapkan melalui pengajian kitab dan kegiatan-kegiatan diantaranya nilai ketuhanan (religiusitas), jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, peduli lingkungan dan tanggung jawab. 2) Implementasi Pendidikan Karakter diterapkan di Panti Asuhan melalui metode pengajaran dan metode keteladanan yang diintegrasikan dalam pengajian kitab, kegiatan-kegiatan dan juga melalui amalan sikap dan keseharian (ASKES). Kajian ini menunjukkan bahwa Pendidikan karakter di Panti Asuhan merupakan pendidikan dalam membentuk akhlak santri atau anak asuh yang didasarkan pada beberapa nilai-nilai. Pendidikan ini menekankan pada potensi santri untuk mengenal dan mencintai Allah lebih dari apapun. Hal tersebut diwujudkan dalam beberapa pembiasaan dan etika keseharian santri melalui pengajian kitab dan kegiatan-kegiatan di Panti Asuhan. Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Panti Asuhan
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 09 Dec 2013 07:18
Last Modified: 09 Dec 2013 07:18
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/753

Actions (login required)

View Item View Item