تطبيق طريقة"Total Physical Response" في تعليم مهارة الاستماع لدى تلاميذ الصف السابع بمدرسة "اتحاد المسلمين" الثانوية الإسلامية جبارا (تحليل وصفي من ناحية الطريقة)

Waninggil, Ginanjar Panji Satria (2014) تطبيق طريقة"Total Physical Response" في تعليم مهارة الاستماع لدى تلاميذ الصف السابع بمدرسة "اتحاد المسلمين" الثانوية الإسلامية جبارا (تحليل وصفي من ناحية الطريقة). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103211012_Ginanjar_Panji_Satria_Waninggil.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diajukan oleh peneliti adalah : Bagaimana penerapan metode Total Physical Response dalam pembelajaran keterampilan istima’ terhadap para siswa kelas VII di MTs “Ittihadul Muslimin” Jepara? Dan Apa saja kelebihan dan kelemahan metode metode Total Physical Response dalam pembelajaran keterampilan istima’ terhadap para siswa kelas VII di MTs “Ittihadul Muslimin” Jepara? Berdasarkan dua permasalahan diatas, maka penelitian ini ditujukan untuk mengetahui penerapan metode Total Physical Response dalam pembelajaran keterampilan istima’ terhadap para siswa kelas VII di MTs “Ittihadul Muslimin” Jepara dan kelebihan dan kelemahan metode metode Total Physical Response dalam pembelajaran keterampilan istima’ terhadap para siswa kelas VII di MTs “Ittihadul Muslimin” Jepara. Metode yang dipakai untuk mengumpulkan data adalah (1) Metode observasi, (2) Metode wawancara, (3) Metode dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data adalah menggunakan metode analisis deskriptif. Peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut: 1. Penerapan metode Total Physical Response dalam pembelajaran keterampilan istima’ terhadap para siswa kelas VII di MTs “Ittihadul Muslimin” Jepara adalah berhasil. Dengan indikasi bahwa MTs “Ittihadul Muslimin” Jepara menggunakan komponen-komponen pembelajaran dengan baik, seperti menegaskan tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pembelajaran, dan evaluasi. Penggunaan metode Total Physical Response penting dalam pembelajaran istima’. 2. Sedangkan metode Total Physical Response dalam pembelajaran istima’ juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Diantara kelebihannya adalah para siswa bisa belajar bahasa Arab dengan cepat, menyenangkan, mudah, dan sederhana, siswa menjadi lebih aktif di kelas, memudahkan siswa dengan arti konteks nyata, mudah ingat dan hafal, aktivitas ini juga membantu menguatkan otak siswa, dan membantu siswa memahami bahasa tujuan. Adapun kekurangannya adalah adanya kaidah-kaidah bahasa yang kompleks sehingga sulit untuk mempelajari semua kaidah yang “harus” diajarkan, beberapa siswa takut/minder ketika disuruh untuk memperagakan perintah-perintah, terutama pelajar yang dewasa, hanya sesuai untuk level pemula, dan membutuhkan guru yang pakar dan terampil berkomunikasi dalam bahasa tujuan, jadi bukan guru yang hanya pandai tata bahasa saja.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMaghfurin, AhmadUNSPECIFIED
Thesis advisorRosyidi, RosyidiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Ketrampilan mendengar; Pembelajaran bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic > 492.71 Fonologi, sistem tulisan bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Nov 2017 06:08
Last Modified: 29 Nov 2017 06:08
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7537

Actions (login required)

View Item View Item