Pengaruh Kedisiplinan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII di SLTP Negeri 03 Bandar Batang Tahun Ajaran 2011/2012

Khotimah, Nur (2012) Pengaruh Kedisiplinan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII di SLTP Negeri 03 Bandar Batang Tahun Ajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111169_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111169_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111169_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111169_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111169_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111169_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111169_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas Pengaruh Kedisiplinan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII di SLTP Negeri 03 Bandar, Batang Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana kedisiplinan belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SLTP Negeri 03 Bandar, Batang. 2) Bagaimana hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di SLTP Negeri 03 Bandar, Batang (X)?; 3). Bagaimana pengaruh kedisiplinan belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap hasil belajar siswa (Y) kelas VIII di SLTP Negeri 03 Bandar, Batang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik sampling yaitu random sampling dengan teknik analisis regresi sederhana. Sampel dalam penelitian ini diambil 25% dari jumlah populasi yaitu 160 peserta didik, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan dokumen untuk menjaring data X dan Y. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, kedisiplinan belajar siswa menunjukkan perolehan rata-rata (mean) sebesar 50,975 pada interval 46,517-55,483 ini berarti kedisiplinan belajar siswa di SLTP Negeri 03 Bandar tahun pelajaran 2011/ 2012 memiliki kategori “Cukup”. Hasil belajar siswa menunjukkan perolehan (Mean) rata-rata sebesar 77,525 pada interval 75,466-79,534, ini berarti hasil belajar siswa kelas VIII di SLTP Negeri 03 Bandar tahun pelajaran 2011/ 2012 memiliki kategori “Cukup”. Setelah diketahui dari perhitungan statistik dengan koefisien korelasi dan dimana terdapat hubungan yang positif antara kedisiplinan belajar (X) dengan hasil belajar siswa (Y) kelas VIII di SLTP Negeri 03 Bandar tahun pelajaran 2011/ 2012. Hal ini terbukti bahwa pada taraf signifikan 5% = 0,312 dan 1% = 0,403. Karena rxy= 0,705 > 0,312 (5%) dan 1% = 0,403, maka hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan antara variabel X dan Y signifikan. Dengan demikian dapat diketahui bahwa ada hubungan yang signifikan antara kedisiplinan belajar siswa dengan hasil belajar PAI siswa kelas VIII di SLTP Negeri 03 Bandar Batang Tahun Ajaran 2011/ 2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar; Pendidikan Agama Islam (PAI); Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 09 Dec 2013 07:38
Last Modified: 09 Dec 2013 07:38
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/756

Actions (login required)

View Item View Item