Studi Komparasi Tingkat Keberhasilan Menghafal Al-Qur’an Antara Peserta Didik yang Berlatar Belakang Pendidikan MI dengan Peserta Didik yang Berlatar Belakang Pendidikan SD Pada Kelas VII di MTs Taḥfiẓ Yanbu ̒ Ul Qur’an Menawan Gebog Kudus Tahun 2012

Umami, Risda (2012) Studi Komparasi Tingkat Keberhasilan Menghafal Al-Qur’an Antara Peserta Didik yang Berlatar Belakang Pendidikan MI dengan Peserta Didik yang Berlatar Belakang Pendidikan SD Pada Kelas VII di MTs Taḥfiẓ Yanbu ̒ Ul Qur’an Menawan Gebog Kudus Tahun 2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111171_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111171_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111171_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111171_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111171_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111171_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111171_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang perbandingan tingkat keberhasilan menghafal Al-Qur’an antara peserta didik yang berlatar belakang pendidikan MI dengan peserta didik yang berlatar belakang pendidikan SD pada kelas VII di MTs Taḥfiẓ Yanbu’ul Quran Menawan Gebog Kudus Tahun 2012. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab: (1) Bagaimana tingkat keberhasilan menghafal Al-Quran peserta didik yang yang berlatar belakang pendidikan MI di MTs Taḥfiẓ Yanbu’ul Quran Menawan Gebog Kudus Tahun 2012?, (2) Bagaimana tingkat keberhasilan menghafal Al-Qur’an peserta didik yang yang berlatar belakang pendidikan SD pada kelas VII di MTs Taḥfiẓ Yanbu’ul Quran Menawan Gebog Kudus Tahun 2012?, (3) Apakah ada perbedaan tingkat keberhasilan menghafal Al-Qur’an antara peserta didik yang yang berlatar belakang pendidikan MI dengan peserta didik yang berlatar belakang pendidikan SD pada kelas VII di MTs Taḥfiẓ Yanbu’ul Quran Menawan Gebog Kudus Tahun 2012?. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif. Adapun metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik komparasi. Subyek penelitian adalah kelas VII (tujuh) dengan jumlah populasi sebanyak 32 peserta didik yang terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama peserta didik yang yang berlatar belakang pendidikan MI sejumlah 16 peserta didik. Kelompok kedua peserta didik yang berlatar belakang pendidikan SD sejumlah 16 peserta didik. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi yang digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan menghafal Al-Qur’an antara peserta didik yang berlatar belakang pendidikan MI dengan peserta didik yang berlatar belakang pendidikan SD pada kelas VII di MTs Taḥfiẓ Yanbu’ul Quran Menawan Gebog Kudus Tahun 2012. Beradasarkan hasil analisis data kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat keberhasilan menghafal Al-Qur’an peserta didik yang berlatar belakang pendidikan MI (X1) menempati kategori sedang, dengan nilai rata-rata 77 pada interval 77-84. (2) Tingkat keberhasilan menghafal Al-Qur’an peserta didik yang berlatar belakang pendidikan SD (X2) menempati kategori sedang, dengan nilai rata-rata 74 pada interval 74-79. (3) Tidak ada perbedaan tingkat keberhasilan menghafal Al-Qur’an antara peserta didik yang berlatar belakang pendidikan MI dengan peserta didik yang berlatar belakang pendidikan SD pada kelas VII di MTs Taḥfiẓ Yanbu’ul Quran Menawan Gebog Kudus Tahun 2012. Karena berdasarkan hasil analisis uji hipotesis menyebutkan bahwa hasil thitung sebesar 0,8195. Sedangkan tt (t tabel) untuk taraf signifikansi 5% adalah 2,04 sedang 1% adalah 2,75. Karena t0 yang kita peroleh sebesar 0,8195, berarti t0 < tt, baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Menghafal Al-Qur’an; Madrasah Ibtidaiyah; Sekolah Dasar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 09 Dec 2013 07:50
Last Modified: 09 Dec 2013 07:50
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/757

Actions (login required)

View Item View Item