Konsep tasawuf sosial Prof. Dr. H. M. Amin Syukur, M.A., dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam

Gunawan, Aldi (2017) Konsep tasawuf sosial Prof. Dr. H. M. Amin Syukur, M.A., dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123111025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesan negatif terhadap tasawuf di masyarakat. Praktik tasawuf sebagai manifestasi ihsan, seringkali diasumsikan dan dipraktikkan sebagai kegiatan ibadah individu yang mengutamakan kesalehan pribadi dan tidak peka terhadap realitas yang terjadi disekitarnya. Padahal sebagai mahluk sosial, manusia dalam menjalani kehidupan diniscayakan untuk berperan dan berinteraksi dengan realitas sosial yang ada. Sementara di sisi lain, pendidikan nasional yang seyogyanya bertujuan bukan hanya untuk mencerdaskan manusia secara intelektualitas, melainkan juga untuk perbaikan moralitas, sebagaimana di atur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, lebih banyak berorientasi pada capaian intelektualitas semata, hal itu dibuktikan dengan banyaknya kasus kriminalitas yang melibatkan peserta didik. Maka dari itu, pendidikan Islam sebagai salah satu sistem pendidikan yang dipakai di Indonesia, harus turut andil dalam mengatasi problematika yang terjadi pada peserta didik, khususnya berkaitan dengan akhlak peserta didik. Dan tasawuf sebagai dimensi esoterisme dalam pendidikan Islam, dapat dijadikan sebagai alternatif dalam tujuan pendidikan Islam. Khususnya tasawuf sosial yang digagas Amin Syukur. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Seperti apa rumusan tentang tujuan pendidikan Islam? (2) Seperti apa konsep tasawuf sosial yang digagas Amin Syukur? (3) Bagaimana relevansi konsep tasawuf sosial Amin Syukur dengan tujuan pendidikan Islam? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui rumusan tujuan pendidikan Islam dan pemikiran tasawuf sosial Amin Syukur, serta mencari tahu relevansi diantara keduanya. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan filosofis. Sedangkan data-datanya diperoleh dengan teknik dokumentasi dan wawancara. Data-data tersebut diperoleh dari karya-karya tokoh yang diteliti dan buku-buku pendidikan Islam serta buku-buku yang terkait. Kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rumusan tujuan pendidikan Islam, sebagaimana yang dinyatakan Omar Toumy al-Syaibani adalah tercapainya keseimbangan antara dunia dan akhirat, karena posisi manusia ialah sebagai ‘Abd Allah dan khalifatullah fil‘Ardh. Al-Syaibani merumuskan tujuan pendidikan Islam dengan melalui tiga tahapan, yaitu tujuan tertinggi, tujuan umum dan tujuan khusus. Sedangkan tasawuf sosial yang digagas Amin Syukur memiliki konsep agar orang yang bertasawuf, juga harus aktif bermasyarakat. Karena tasawuf adalah pengamalan dan pengahayatan dalam setiap lini-lini kehidupan. Dan tasawuf sosial memiliki relevansi dengan tujuan pendidikan Islam, karena tasawuf berupaya memberikan bekal sekaligus tameng bagi peserta didik agar tidak terombang-ambing dalam melawan derasnya arus modernisasi dan industrialisasi. Sehingga tasawuf sosial bisa dijadikan alternatif dalam pendidikan Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam rangka pengembangan khazanah ilmu pendidikan Islam, khususnya di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang. Dan dari hasil penelitian ini juga diharapkan dapat mendorong dunia pendidikan Islam untuk membuka diri dan memberi kesempatan bagi tasawuf untuk ikut andil bersama dalam rangka membentuk manusia sebagai makhluk individu sekaligus sosial.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorRohman, AbdulUNSPECIFIED
Thesis advisorKhunaefi, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tasawuf sosial; Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 15 May 2018 08:46
Last Modified: 15 May 2018 08:46
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7570

Actions (login required)

View Item View Item