Budaya adab murid terhadap guru dalam perspektif kitab adāb al-‘ālim wa al-muta’allim di Pondok Pesantren Putri Tahfīẓ al-Qur’ān al-Hikmah Tugurejo Tugu Semarang

Hamdi, Nur Rizkoh Hidayatillah (2017) Budaya adab murid terhadap guru dalam perspektif kitab adāb al-‘ālim wa al-muta’allim di Pondok Pesantren Putri Tahfīẓ al-Qur’ān al-Hikmah Tugurejo Tugu Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133111017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Salah satu hal terpenting dalam dunia pendidikan di pesantren adalah akhlak. Kedudukan akhlak lebih utama daripada ilmu, oleh karena itu pendidikan akhlak yang telah diajarkan perlu untuk diterapkan dan dibudayakan. Apalagi kedudukan menjadi seorang pelajar yang sedang menuntut ilmu kepada gurunya harus memiliki adab yang baik sesuai dengan yang telah diajarkan oleh Islam sendiri. Melihat keadaan akhlak di zaman sekarang yang semakin menipis, khususnya dalam lingkup pesantren menyadarkan kita untuk berlomba-lomba dalam memperbaikinya. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui budaya adab murid terhadap guru dalam perspektif kitab Adāb al-‘Ālim Wa al-Muta’allim di Pondok Pesantren Putri Tahfīẓ al-Qur’ān al-Hikmah Tugurejo Tugu Semarang. Adapun rumusan masalah yang akan diteliti yaitu, bagaimana budaya adab murid terhadap guru dalam perspektif kitab Adāb al-‘Ālim Wa Al-Muta’allim?. Skripsi ini merupakan jenis penelitian yang bersifat lapangan. Data primer dan sekunder diperoleh melalui penelitian lapangan dengan alat pengumpul data berupa metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis. Adapun analisisnya data kualitatif lapangan ini dengan tiga langkah yaitu metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verification). Adapun hasil dari penelitian ini, pertama; adab/akhlak adalah sesuatu yang membicarakan tentang budaya manusia, tingkah laku atau perbuatan baik maupun buruk. Kedua; budaya adab murid terhadap guru yang terdapat dalam kitab Adāb al-‘Ālim Wa al-Muta’allim digolongkan menjadi tiga kelompok yaitu: 1. Budaya adab murid kepada guru dalam proses pembelajaran yang meliputi: a) budaya sikap santri harus mendengarkan ketika guru sedang menyampaikan pelajaran. b) budaya sikap santri harus sopan dalam berbicara dan memilih waktu yang tepat ketika ingin menyampaikan pertanyaan kepada guru. c) budaya posisi santri harus sopan dan tawadhu’ jika duduk di hadapan guru. d) budaya sikap santri harus sopan dan tawadhu’ ketika memberikan sesuatu (kitab) kepada guru. e) budaya sikap santri tidak boleh menentang ketika guru mengeluarkan pernyataan yang keliru. 2. Budaya adab murid terhadap guru ketika berada di dalam pondok, dan 3. Budaya adab murid terhadap guru ketika berada di luar pondok. Ketiga; budaya adab murid terhadap guru dalam perspektif kitab Adāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim di Pondok Pesantren Putri Tahfīẓ al-Qur’ān al-Hikmah belum sepenuhnya dapat dibudayakan dengan sempurna. Ada beberapa yang tampaknya menjadi budaya yang kurang baik, misalnya budaya meminta izin keluar ketika tidak ada pihak ndalem, budaya mengajukan pertanyaan ketika guru sedang menjelaskan. Padahal konsep pembelajaran modern menuntut murid untuk baik dalam rangka mengemukakan pendapat, menyanggah, dan mengkritisi suatu pengetahuan lainnya. Namun demikian,untuk sebagian besar santriwati Pondok Pesantren Putri Tahfīẓ al-Qur’ān al-Hikmah, budaya adab murid terhadap guru dalam perspektif kitab Adāb al-‘Ālim Wa al-Muta’allim belum mengacu sepenuhnya pada kitab tersebut melainkan ada juga budaya yang masih bersumbeer dari peraturan-peraturan pondok dari zaman dahulu sampai sekarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorSuja'i, Suja'iUNSPECIFIED
Thesis advisorKhunaifi, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Adab murid kepada guru; Kitab Adāb al-‘Ālim Wa al-Muta’allim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 13 Apr 2018 08:20
Last Modified: 13 Apr 2018 08:20
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7585

Actions (login required)

View Item View Item