Pendidikan karakter religius di lembaga kursus bahasa Arab : studi kasus di Pondok Kursus Bahasa Arab al-Farisi di Pare, Kediri, Jawa Timur

Munafi'ah, Siti (2017) Pendidikan karakter religius di lembaga kursus bahasa Arab : studi kasus di Pondok Kursus Bahasa Arab al-Farisi di Pare, Kediri, Jawa Timur. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133111026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendidikan karakter religius di pondok kursus Bahasa Arab Al-Farisi di Desa Tulung Rejo, Kec. Pare, Kab. Kediri, Prov. Jawa Timur. Hal ini dilatar belakangi dengan adanya degradasi moral seperti, pelaksanaan aborsi dari kehamilan yang tidak diinginkan, penggunaan narkoba, seks pra-nikah, tindakan kriminal di tengah-tengah masyarakat. Maka dari itu perlu adanya integrasi nilai-nilai religius pada diri seseorang agar dapat membentengi diri berdasarkan agama yang dianutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter religius di pondok kursus Bahasa Arab Al-Farisi dalam pembelajaran Bahasa Arab di dalam kelas ataupun di asrama yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian llapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data di ambil dari sumber primer yang terdiri dari pengasuh, pengajar, dan peserta kursus dengan wawancara terstruktur. Sumber sekunder didapatkan melalui observasi partisipasif, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1).Dalam perencanaan, pendidikan karakter religius terlihat di dalam tujuan, visi, misi, dan peraturan-peraturan yang ada di pondok kursus Bahasa Arab Al-Farisi dan bagi calon pengajar diwajibkan untuk mengikuti program kursus terlebih dahulu supaya dapat memahami situasi, kondisi, dan metode pembelajaran. 2). Penerapan pendidikan karakter dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab di kelas terlihat saat membuka dan menutup pembelajaran dengan salam, berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, serta memberikan contoh berupa ayat Al-Qur’an yang berhubungan dengan materi. Sedangkan penerapan pendidikan karakter religius di asrama terlihat dalam kegiatan ibadah sehari-hari seperti, shalat jamaah lima waktu, membaca yasiin dan tahlil, puasa sunah hari Senin dan Kamis, belajar tajwid, belajar tokoh Islam, shalat tahajud, shalat dhuha, dan shalat sunah qobliyah dan ba’diyah. 3). Penerapan pendidikan karakter religius di pondok kursus Bahasa Arab Al-Farisi pada saat evaluasi tidak langsung yang dilakukan melalui rapat mingguan terlihat terlihat ketika membuka dan menutup rapat dengan salam, do’a, dan puji syukur kepada Allah, atau jika evaluasi langsung, terkadang hukuman berupa amalan bukan berupa materi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorKholiq, AbdulUNSPECIFIED
Thesis advisorMustopa, MustopaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter Religius; Pondok; Bahasa Arab
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 13 Apr 2018 08:23
Last Modified: 13 Apr 2018 08:23
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7588

Actions (login required)

View Item View Item