Efektivitas metode pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar PAI materi pokok kisah sahabat nabi peserta didik kelas V SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang tahun ajaran 2016/2017

Muntahaya, Aini Rusyda (2017) Efektivitas metode pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar PAI materi pokok kisah sahabat nabi peserta didik kelas V SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133111033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran yang dilakukan guru selama ini kurang bervariasi dan guru kurang maksimal dalam menggunakan media pembelajaran sehingga siswa pasif karena kurang tertarik dalam pembelajaran dan berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk itu peneliti melakukan penelitian mengenai Efektivitas Metode Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan Menggunakan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar PAI Materi Pokok Kisah Sahabat Nabi Peserta Didik Kelas V SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang yang terdiri dari lima kelas dengan jumlah 186 peserta didik. Teknik sampling menggunakan simple random sampling, dengan sampel kelas V-D yang terdiri dari 36 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B yang terdiri dari 36 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian berupa tes. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung = 3,151, sedangkan t tabel =1,667. Karena thitung > t tabel maka H0 ditolak yang berarti rata-rata hasil belajar PAI peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode TGT (Teams Games Tournament) disertai media audio visual lebih baik daripada peserta didik yang diajar dengan metode konvensional (ceramah dan tanya jawab). Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen (TGT dengan menggunakan media audio visual) = 83,111 dan kelas kontrol (ceramah dan tanya jawab) = 77,111. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan metode TGT (Teams Games Tournament) disertai media audio visual efektif dapat meningkatkan hasil belajar PAI kelas V pada materi kisah sahabat Nabi di SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang Tahun Ajaran 2016/2017.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorRidwan, RidwanUNSPECIFIED
Thesis advisorAsiyah, NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Teams Games Tournament; Media pembelajaran; Media Audio Visual; Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 13 Apr 2018 08:26
Last Modified: 13 Apr 2018 08:26
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7591

Actions (login required)

View Item View Item