Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru PAI terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI SMAN 1 Kradenan Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2016/2017

Rofiq, M. Ainur (2017) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru PAI terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI SMAN 1 Kradenan Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133111034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penyebab dari rendahnya motivasi belajar siswa yang ada pada siswa itu sendiri. Salah satu penyebabnya yaitu tentang kompetensi kepribadian guru. Dilihat dari ketidakseriusan dan ketidakminatan siswa ketika proses belajar mengajar bisa juga disebabkan dari segi tanggapan siswa terhadap keimanan dan ketakwaan guru PAI, tanggapan siswa terhadap akhlak mulia guru PAI, tanggapan siswa terhadap kestabilan emosi guru PAI, tanggapan siswa terhadap kewibawaan guru PAI, dan tanggapan siswa terhadap cara berbusana guru PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Adakah pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI SMAN 1 Kradenan Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner, metode dokumentasi dan observasi yang mana untuk memperoleh data-data persepsi siswa terhadap kompetensi kepribadian guru PAI dan bagaimana motivasi belajar siswa SMAN 1 Kradenan Kabupaten Grobogan. Dari hasil penyebaran angket persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru PAI (X), terhadap motivasi belajar siswa (Y). Dilihat dari hasil analisis data pada penelitian ini diketahui bahwa Persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru PAI berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI siswa kelas XI SMAN 1 Kradenan Kabupaten Grobogan, dengan data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi dan korelasi. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1. Persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru PAI SMAN 1 Kradenan Kabupaten Grobogan termasuk dalam kategori “Tinggi”. Hal tersebut ditunjukkan dari nilai rata-rata persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian Guru PAI sebesar 196,31 terletak pada interval 194 - 203. 2. Motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa SMAN 1 Kradenan Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2016/2017 dalam kategori “Sedang”. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata motivasi belajar siswa SMAN 1 Kradenan Kabupaten Grobogan sebesar 144,04 terletak pada interval 136 - 146. 3. Membandingkan harga Freg dengan Ftabel, yaitu Freg 11,570> Ftabel = 4,90 pada taraf signifikansi 1 % dan Freg = 11,570> Ftabel = 3,97 pada taraf signifikansi 5%. 4. Sumbangan relatif persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru PAI terhadap motivasi belajar siswa diperoleh hasil R= 0,372 artinya terdapat pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru PAI terhadap motivasi belajar siswa SMAN 1 Kradenan Kabupaten Grobogan berada pada kategori baik. Nilai determinasi (R Square) sebesar 0,138 artinya kontribusi kompetensi kepribadian guru PAI dalam mempengaruhi motivasi belajar siswa sebesar 13,8%. Dari hasil penelitian tersebut, menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan sehingga ada peningkatan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi semua pihak terutama guru/tenaga pengajar, orang tua dan siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorShodiq, ShodiqUNSPECIFIED
Thesis advisorNasirudin, NasirudinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa; Kompetensi guru; Kepribadian guru; Motivasi Belajar Siswa; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 13 Apr 2018 08:27
Last Modified: 13 Apr 2018 08:27
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7592

Actions (login required)

View Item View Item