Efektifitas penerapan metode pembelajaran sosiodrama terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran PAI materi tarikh menceritakan kisah Sahabat Nabi kelas V SD Negeri Wonosari 02 Kota Semarang tahun ajaran 2016/2017

Mustofa, Mustofa (2017) Efektifitas penerapan metode pembelajaran sosiodrama terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran PAI materi tarikh menceritakan kisah Sahabat Nabi kelas V SD Negeri Wonosari 02 Kota Semarang tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133111043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena hasil belajar kognitif siswa kelas V di SD Negeri Wonosari Kota Semarang mata pelajaran PAI masih rendah dan belum mencapai KKM yang telah ditentukan. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar masih menerapkan metode konvensional (ceramah dan tanya jawab), hal ini mengakibatkan para siswa mudah bosan karena pembelajaran seperti itu terus menerus dan tidak menggunakan metode lain. Penelitian ini lebih menekankan pada pembelajaran materi tarikh karena penulis ingin merubah pendapat yang berkembang ketika pembelajaran tarikh yang membosankan dan kurang memahamkan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana efektifitas penerapan metode pembelajaran sosiodrama terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran PAI materi tarikh menceritakan kisah sahabat Nabi kelas V SD Negeri Wonosari 02 Kota Semarang Tahun Ajaran 2016/2017. Efektifitas pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian eksperimen, dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah 77 siswa. Dan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan sampling jenuh, yaitu memilih seluruh anggota populasi untuk menjadi sampel. Pengambilan sampelnya dilakukan secara berkelompok, jadi yang mendapat peluang sama untuk menjadi sampel bukan peserta didik secara individu melainkan sekelompok peserta didik yang terhimpun dalam kelas-kelas. Berdasarkan pengundian telah ditentukan kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Sebelum diberi perlakuan terlebih dahulu dilakukan uji keseimbangan yaitu dengan uji normalitas, homogenitas, dan uji kesamaan dua rata-rata dengan menggunakan nilai pretest. Setelah itu kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan metode sosiodrama dan kelas kontrol menggunakan metode peta konsep. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi, observasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji-t tes. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil tes yang dilakukan diperoleh ratarata hasil belajar (post-test) kelompok yang menggunakan metode sosiodrama adalah 69,697, sedangkan rata-rata hasil belajar yang menggunakan metode peta konsep adalah 70,405. Berdasarkan hasil uji t test diperoleh bahwa

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorRahman, AbdulUNSPECIFIED
Thesis advisorMuslam, MuslamUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Sosiodrama; Hasil belajar kognitif; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 16 Apr 2018 05:25
Last Modified: 16 Apr 2018 05:25
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7596

Actions (login required)

View Item View Item