Pengaruh lingkungan pendidikan terhadap motivasi belajar siswi kelas X di MA NU Banat Kudus tahun pelajaran 2016/2017

Rizqi, Wardah 'Ainur (2017) Pengaruh lingkungan pendidikan terhadap motivasi belajar siswi kelas X di MA NU Banat Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 133111068.pdf]
Preview
Text
133111068.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh lingkungan pendidikan terhadap motivasi belajar peserta didik. Studi ini bertujuan untuk mengetahui mengenai beberapa permasalahan: Bagaimana lingkungan pendidikan siswi kelas X di MA NU Banat Kudus, bagaimana motivasi belajar siswi kelas X di MA NU Banat Kudus, dan bagaimana pengaruh lingkungan pendidikan terhadap motivasi belajar siswi kelas X di MA NU Banat Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017.

Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di MA NU Banat Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang menggunakan teknik analisis kuantitatif, dengan variabel bebas lingkungan pendidikan, sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data lingkungan pendidikan dan motivasi belajar peserta didik. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik menggunakan rumus regresi.

Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Lingkungan pendidikan di MA NU Banat Kudus berada dalam kategori “cukup”. Hal ini terlihat dari rata-rata lingkungan pendidikan di MA NU Banat Kudus yaitu 61,5 yang berada pada interval 58-65 dengan jumlah 66 peserta didik. (2) Motivasi Belajar di MA NU Banat Kudus berada dalam kategori “cukup”. Hal ini terlihat dari rata-rata motivasi belajar di MA NU Banat Kudus yaitu 58,5 yang berada pada interval 54-63 dengan jumlah 103 peserta didik. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel lingkungan pendidikan (X) terhadap motivasi belajar

peserta didik (Y) sebesar 21,8%. Dibuktikan dengan persamaan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Lingkungan pendidikan; Motivasi belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 16 Apr 2018 05:32
Last Modified: 16 Apr 2018 05:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7600

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics