Pengaruh persepsi peserta didik tentang manfaat żikir al-asmā’ al-ḥusnā terhadap kedisiplinan belajar di SMP N 23 Semarang

Hantoro, Arif (2017) Pengaruh persepsi peserta didik tentang manfaat żikir al-asmā’ al-ḥusnā terhadap kedisiplinan belajar di SMP N 23 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133111103.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh persepsi peserta didik tentang manfaat żikir al-asmā’ al-ḥusnā terhadap kedisiplinan belajar. Kajiannya dilatarbelakangi oleh kedisiplinan belajar sekarang ini yang semakin tidak terkontrol, kemalasan dalam berdoa sebelum belajar dan semua itu telah terpengaruhi oleh faktor hedonisme. Sehingga apakah ada hubungannya antara persepsi peserta didik tentang manfaat al-asmā’ al-ḥusnā terhadap kedisiplinan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui(1) Persepsi peserta didik tentang manfaat al-asmā’ al-ḥusnā(2) Kedisiplinan belajar peserta didik SMP N 23 Semarang(3) Pengaruh persepsi peserta didik tentang manfaat al-asmā’ al-ḥusnā terhadap kedisiplinan belajar di SMP N 23 Semarang. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang terbagi menjadi delapan kelas dengan jumlah peserta didik 242, karena subjek penelitian lebih dari 100, maka subjek penelitian diambil 25% dari semua populasi yaitu 62 peserta didik yang diambil dengan metode random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, metode observasi dan metode dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Rata-rata persepsi peserta didik tentang manfaat al-asmā’ al-ḥusnā kelas VIII adalah 80,5 dengan kategori baik. (2) Rata-rata nilai angket kedisiplinan belajar kelas VIII adalah 81,8 dengan kategori baik. (3) Terdapat pengaruh yang positif persepsi peserta didik tentang manfaat al-asmā’ al-ḥusnā terhadap kedisiplinan belajar di SMP N 23 Semarang. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil nilai signifikansi nilai F yang didapat 26,299 lebih besar dari nilai F tabel, baik pada taraf signifikansi 5 % (4,00). Dengan demikian hipotesis yang diajukan bahwa “ Ada pengaruh persepsi peserta didik tentang manfaat al-asmā’ al-ḥusnā terhadap kedisiplinan belajar di SMP N 23 Semarang” dapat diterima. Saran : Semoga SMP N 23 Semarang selalu istiqomah dalam kegiatan rutin berdoa dengan żikir al-asmā’ al-ḥusnā sehingga anak didik dapat mengambil manfaat dari doa tersebut.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorSupriyono, WidodoUNSPECIFIED
Thesis advisorWahid, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Zikir; Asmaul Husna; Kedisiplinan belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 24 Apr 2018 03:00
Last Modified: 24 Apr 2018 03:00
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7608

Actions (login required)

View Item View Item