Model kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas unggulan di MAN Demak

Nuridah, Nuridah (2017) Model kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas unggulan di MAN Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133111136.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas model kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas unggulan di MAN Demak. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang bagaimana penerapan model kurikulum PAI kelas unggulan di MAN Demak yang mencakup model kurikulum dan penerapan kurikulum PAI. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif, yang dilakukan dengan pendekatan deskriptif analisis, pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Analisis data diperoleh melalui uji keabsahan data pada uji kredibilitas data dengan cara triangulasi teknik dan bahan referensi dan data yang diperoleh dari hasil observasi, interview dan dokumentasi direduksi untuk mendapatkan kesimpulan yang valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model kurikulum Pendidikan Agama Islam kelas unggulan di MAN Demak menggunakan empat model kurikulum yaitu kurikulum subjek akademis, kurikulum humanistik, kurikulum rekonstruksi sosial dan kurikulum teknologi. Penerapan model kurikulum kelas unggulan di MAN Demak yaitu dengan menerapkan empat model kurikulum Pendidikan Agama Islam. Model kurikulum subjek akademis guru sebagai penyampai bahan pelajaran hal ini telah dilakukan dikelas unggulan MAN Demak yang mana guru dalam mengajar menyampaikan seluruh materi yang akan diajarkan. Kurikulum humanistik di MAN Demak kelas unggulan terlihat dari cara guru mengajarkan akhlaq dengan melibatkan pengalaman siswa dan melalui suri tauladan guru di kesehariannya. Siswa harus mampu menampilkan sikap berperilaku baik di lingkungan sekolah, di lingkungan keluarga juga lingkungan masyarakat. Kurikulum rekonstruksi sosial Penerapan kurikulum rekonstruksi di kelas unggulan MAN Demak itu dilakukan interaksi antara guru dengan murid, murid dengan murid dan murid dengan orang disekitarnya. Dalam hal ini ketika proses pembelajaran guru tidak hanya menyampaikan materi aja dan tidak ada interkasi dengan murid. Dan Penerapan kurikulum teknologi kelas unggulan di MAN Demak dalam proses pembelajarannya diharapkan masing-masing peserta didik menggunakan laptop karena dengan seiringnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorKunaepi, AangUNSPECIFIED
Thesis advisorSutiyono, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum; Pendidikan Agama Islam (PAI); Kelas unggulan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 24 Apr 2018 03:09
Last Modified: 24 Apr 2018 03:09
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7617

Actions (login required)

View Item View Item