Model pembelajaran pendidikan agama Islam di Ma’had Darul Ma’arif Patani Thailand Selatan

Yuso, Miss Nurida (2017) Model pembelajaran pendidikan agama Islam di Ma’had Darul Ma’arif Patani Thailand Selatan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133111142.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan agama Islam berusaha secara maksimal untuk menentukan kepribadian siswa berdasarkan ketentuan-ketentuan yang telah digariskan dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah. Hal ini berarti bahwa pendidikan agama Islam memerlukan metode pembelajaran yang cocok dan harus mendapat perhatian serius dari para guru agama karena memiliki pengaruh yang sangat berat atas keberhasilan. Dalam mentransfer pengetahuan agama kepada siswa dibutuhkan model atau metode pembelajaran agar para siswa mampu menangkap pesan yang hendak disampaikan. Karena pentingnya pembelajaran agama Islam di Patani, memperhatikan model pembelajaran yang sesuai menjadi prioritas yang sangat diperlukan. Penelitian ini berusaha menganalisis model pembelajaran pendidikan agama Islam di Ma’had Darul Ma’arif Patani Thailand Selatan. Untuk menjawab permasalahan diatas, digunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitia diskriptif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokomentasi. Data yang dapat dianalisis selama pengumpulan data berlangsung dan setelah semua data terkumpul, membuat laporan penelitian. Hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwasanya: 1) Model pembelajaran pendidikan agama Islam di Ma’had Darul Ma’arif berjalan dengan baik, ini terlihat pada ketepatan guru dalam memilih model pembelajaran yang meliputi ketepatan dalam dalam melakukan pendekatan, metode, memilih bahan ajar, menyediakan media seperti buku pelajaran, pola intraksi dengan siswa dan mengelolaan kelas yang mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorLutfiyah, LutfiyahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Ma’had Darul Ma’arif; Thailand
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 24 Apr 2018 03:10
Last Modified: 24 Apr 2018 03:10
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7619

Actions (login required)

View Item View Item