Pengaruh Price Pembiayaan Murabahah terhadap Minat Nasabah (Studi Kasus di BMT Artha Salsabil Ngaliyan Semarang)

Na’im, Uli (2012) Pengaruh Price Pembiayaan Murabahah terhadap Minat Nasabah (Studi Kasus di BMT Artha Salsabil Ngaliyan Semarang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
082411131_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411131_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411131_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411131_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411131_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411131_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411131_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menjelaskan masalah apakah ada pengaruh Price Pembiayaan Murabahah terhadap minat nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara parsial dan simultan bagaimana Price Pembiayaan Murabahah berpengaruh terhadap minat nasabah untuk menggunakan pembiayaan murabahah di BMT Artha Salsabil Ngaliyan Semarang. Dalam penelitian ini termasuk jenis penelitian Kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel dengan menggunakan rumus slovin, Populasinya adalah nasabah pembiayaan murabahah di BMT Artha Salsabil Ngaliyan Semarang. Kuesioner didistribusikan kepada Nasabah Pembiayaan Murabahah sebanyak 79 responden. Kemudian metode yang di gunakan untuk mengumpulkan data menggunakan wawancara,kuesioner dan dokumentasi, teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas instrumen, analisis regresi linear, dan uji normalitas. Hasil olahan statistik yang dibantu dengan dengan program SPSS 16.0 for widows menunjukan bahwa pengaruh variabel independen (Price Pembiayaan Murabahah) terhadap variabel dependen (minat nasabah) mampu memberikan sumbangan sebesar 42,9%, sedang yang 57,1%, sisanya di jelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini (tidak diteliti) atau dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Variabel tersebut antara lain berada pada tingkat pendapatan, lokasi, status dan pengetahuan terhadap bank syari’ah maupun variabel lainnya. Hasil uji empiris pengaruh antara price pembiayaan Murabahah terhadap minat nasabah, menunjukkan nilai t hitung 7,612 dan p value (sig) sebesar 0,000 yang di bawah 5%, dengan menggunakan tingkat alpha 5%, maka posisi nilai probabilitasnya berada dibawah Alphanya. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Price Pembiyaan Murabahah terhadap minat nasabah. Dari hasil penelitian tersebut diaharapakan bermanfaat bagi semua pihak terutama dalam meningkatkan minat nasabah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Price Pembiayaan; Murabahah; Minat Nasabah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Islam
Depositing User: Muhammad Qomarudin
Date Deposited: 10 Dec 2013 07:36
Last Modified: 10 Dec 2013 07:36
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/762

Actions (login required)

View Item View Item