Efektivitas penerapan metode role playing dan giving question and getting answer terhadap kemampuan menulis pertanyaan pada dialog sederhana di kelas V MI al Khoiriyyah 01 Semarang tahun pelajaran 2016/2017

Marlina, Yeni (2017) Efektivitas penerapan metode role playing dan giving question and getting answer terhadap kemampuan menulis pertanyaan pada dialog sederhana di kelas V MI al Khoiriyyah 01 Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis pertanyaan yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan tidak sesuai dengan materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh metode Role Playing dan Giving Question and Getting Answer terhadap kemampuan menulis pertanyaan pada teks dialog sederhana kelas V MI Al Khoiriyyah 1 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Pada penelitian eksperimen peneliti dapat membandingkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VC sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 17 orang dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Berdasarkan hasil posttest yang telah dilakukan, nilai rata-rata kelas kontrol adalah 66 dengan standar deviasi (s) 13,54. Sementara nilai rata-rata nilai eksperimen adalah 77,18 dengan standar deviasi (s) 13,62. Dari analisis data akhir diperoleh t_hitung = 2,362 dan t_tabel= t_((0,05)(65)) = 1,696. Karena t_hitung>t_tabel hipotesis yang diajukan diterima. Artinya ada perbedaan signifikan keterampilan peserta didik yang menggunakan metode role playing dan giving question and getting answer dengan peserta didik yang menggunakan metode konvensional. Hasil perhitungan nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen, presentase peserta didik yang mengalami tingkat efektivitas rendah sebesar 41,18%, sedang sebesar 41,18%, dan tinggi sebesar 17,64%. Sedangkan rata-rata nilai n-gain yang diperoleh kelas eksperimen 0,43 dikategorikan sedang. Berdasarkan pernyataan di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode Role Playing dan Giving Question and Getting Answer efektif terhadap kemampuan menulis pertanyaan peserta didik kelas V MI Al Khoiriyyah 01 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi, motivasi dan sebagai bahan masukan bagi para pendidik (guru).

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorZulaikhah, ZulaikhahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Role Playing; Ketrampian menulis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 25 Apr 2018 06:58
Last Modified: 07 Dec 2018 09:18
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7636

Actions (login required)

View Item View Item