Efektivitas penggunaan metode bernyanyi dengan media berbasis visual terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan materi ASEAN kelas VI MI Miftahul Akhlaqiyah tahun pelajaran 2016/2017

Sari, Novita (2017) Efektivitas penggunaan metode bernyanyi dengan media berbasis visual terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan materi ASEAN kelas VI MI Miftahul Akhlaqiyah tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 133911012.pdf]
Preview
Text
133911012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran PKn di MI Miftahul Akhlaqiyah yang cenderung teacher centered sehingga peserta didik pasif dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Guru menerangkan konsep-konsep yang ada pada buku ajar dan memberikan tugas untuk dikerjakan oleh peserta didik tanpa melihat sejauh mana peserta didik memahami materi pembelajaran. Materi ASEAN yang dianggap sulit oleh peserta didik menuntut guru untuk kreatif dan inovatif. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode bernyanyi berbantu media berbasis visual agar tercipta pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan.

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan apakah metode bernyanyi dengan media berbasis visual efektif terhadap hasil belajar mata pelajaran PKn materi ASEAN di kelas VI MI Miftahul Akhlaqiyah. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VI A yang terdiri dari 27 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas VI
B terdiri dari 27 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata dengan t-test. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil posttest untuk kelas eksperimen memiliki rata-rata 75,56 dan kelas kontrol memiliki rata-rata 70,74 Berdasarkan data tersebut, dapat diketahui bahwa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol terdapat perbedaan ratarata. Hal ini ditunjukkan dengan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Bernyanyi; Media visual; Pendidikan kewarganegaraan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 25 Apr 2018 06:58
Last Modified: 12 Jun 2021 02:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7637

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics