Efektivitas penerapan metode cooperative script terhadap memahami teks bacaan kelas III MI Futuhiyyah Mranggen Demak tahun pelajaran 2016/2017

Wijayanti, Sri (2017) Efektivitas penerapan metode cooperative script terhadap memahami teks bacaan kelas III MI Futuhiyyah Mranggen Demak tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_133911020_Sri_Wijayanti]
Preview
Text (Skripsi_133911020_Sri_Wijayanti)
133911020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan tidak sesuai dengan materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh metode Cooperative Script terhadap memahami teks bacaan mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III MI Futuhiyyah Mranggen Demak.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Pada penelitian eksperimen peneliti dapat membandingkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IIIB sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 orang dan kelas IIIA sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa dokumentasi dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil test yang telah dilakukan diperolehdiperoleh nilai rata-rata kelas III B (kelas eksperimen) adalah 83,85 dengan standar deviasi (s) 9,41 sementara rata-rata nilai kelas IIIA (kelas kontrol) adalah 76,73 dengan standar deviasi (s) 8,71. Dari analisis data akhir diperoleh

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Cooperative script; Ketrampilan membaca
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 25 Apr 2018 07:00
Last Modified: 12 Jun 2021 03:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7638

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics