Pengaruh penggunaan metode latis terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Islam Hidayatullah pada materi operasi perkalian pecahan desimal mata pelajaran matematika tahun ajaran 2016/2017

Khumairoh, Intan (2017) Pengaruh penggunaan metode latis terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Islam Hidayatullah pada materi operasi perkalian pecahan desimal mata pelajaran matematika tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode latis terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Islam Hidayatullah pada materi operasi perkalian pecahan desimal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VD sebagai kelas eksperimen. Peserta didik dalam kelas eksperimen ada 32 anak sedangkan peserta didik pada kelas kontrol ada 35 anak. Adapun teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes. Sebelum diberi perlakuan, kedua kelas diuji keseimbanganya dengan uji normalitas, homogenitas, serta uji kesamaan dua rata-rata. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan berbeda, kelas eksperimen menggunakan metode latis sedangkan kelas kontrol menggunakan metode bersusun dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan perkalian pecahan desimal. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji perbedaan dua rata-rata yaitu denga uji-t satu pihak kanan. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata dengan taraf signifikan 5% dan n= 65 diperoleh ttabel= 1,669 dan thitung= 3,627, karena thitung > ttabel maka hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode latis berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas V materi operasi perkalian pecahan desimal. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 80,31 dan kelompok kontrol 64,00, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika pada materi operasi perkalian pecahan desimal dengan menggunakan metode latis lebih baik daripada hasil belajar matematika materi operasi perkalian pecahan desimal dengan menggunakan metode bersusun.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorPurwanti, Kristi LianiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Metode latis; Hasil belajar; Pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 25 Apr 2018 07:03
Last Modified: 25 Apr 2018 07:03
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7641

Actions (login required)

View Item View Item