Pembelajaran tahfidzul Qur’an di kelas rendah SD IT Harapan Bunda Pedurungan Kota Semarang tahun pelajaran 2016/2017

Afifah, Isna'atul (2017) Pembelajaran tahfidzul Qur’an di kelas rendah SD IT Harapan Bunda Pedurungan Kota Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang analisis pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Kelas Rendah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Tahfidzul Qur’an yang umumnya diterapkan pada pendidikan non formal. Namun, sekarang ini sudah mulai diterapkan di pendidikan formal, yang mana pembelajaran harus disesuaikan dengan kurikulum yang diberlakukan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah: bagaiamana pembelajaran Tahfidzul Qur’an di kelas rendah SD IT Harapan Bunda Pedurungan Kota Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan dalam Penelitian ini ditunjukkan dengan memberikan deskripsi tentang pembelajaran Tahfidzul Qur’an di kelas rendah SD IT Harapan Bunda Pedurungan Kota Semarang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti menggambarkan peristiwa maupun kejadian yang ada di lapangan dengan tulisan tanpa mengubah menjadi angka maupun simbol. Teknik penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian, digunakan teknik triangulasi dat untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Tahfidzul Qur’an di kelas rendah SD IT Harapan Bunda dilaksanakan selama 4 jam pelajaran atau 2 kali pertemuan setiap minggu. Pada pertemuan pertama peserta didik melakukan murojaah dan tambahan hafalan. Pada pertemuan kedua, peserta didik melakukan murojaah dan pengujian hafalan. Adapun peserta didik yang berhak melakukan pengujian adalah peserta didik sudah mendapat perintah dari guru untuk melakukan tes atau pengujian. Pelaksanaan pembelajaran Tahfidzul Qur’an di kelas rendah dibagi menjadi 3 halaqoh/ kelompok (kelompok tinggi, kelompok sedang dan kelompok rendah) sesuai dengan hafalan yang telah didapatnya. Setiap halaqoh dibimbing oleh satu guru. Dalam proses pembelajaran, pendidik dengan sabar menyimak hafalan peserta didik. Pendidik juga menggunakan gerak tubuh agar peserta didik paham tentang kebenaran dalam melafalkan ayat. Selain itu, pendidik juga melakukan permainan tebak ayat/ surat dengan peserta didik. Penilaian dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SD IT Harapan Bunda terdiri dari penilaian sikap sosial dan penilaian praktek. Proses penilaian dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an dilakukan pendidik saat masing-masing peserta didik selesai menyetorkan hafalan dengan mencatat hasil penilaian di buku guru dan di buku prestasi Tahfidz.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorAini, Tuti QurrotulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Tahfidzul Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 25 Apr 2018 07:05
Last Modified: 25 Apr 2018 07:05
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7644

Actions (login required)

View Item View Item