Pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran tematik berbasis pendekatan saintifik pada tema pahlawanku di kelas IV SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang tahun ajaran 2016/2017

Hidayah, Nurul (2017) Pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran tematik berbasis pendekatan saintifik pada tema pahlawanku di kelas IV SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran tematik berbasis pendekatan saintifik pada tema pahlawanku berupa teknik-teknik penilaian dalam penilaian autentik. Selain itu, skripsi ini juga membahas tentang faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan penilaian autentik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan penilaian autentik pada pembelajaran tematik tema pahlawanku di SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang meliputi penilaian afektif, penilaian kognitif, dan penilaian psikomotorik. Penilaian afektif berupa penilaian observasi, penilaian diri, dan penilaian teman sebaya. Penilaian kognitif berupa penilaian tertulis, penilaian lisan, dan penilaian penugasan. Sedangkan penilaian psikomotorik berupa penilaian kinerja, penilaian proyek, penilaian produk, dan penilaian portofolio. Penilaian autentik tersebut terdapat beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat, faktor pendukung diantaranya penguasaan guru dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah jumlah guru dan waktu yang terbatas. Hasil penelitian tersebut dapat dijadikan penilaian terhadap pendidikan di Indonesia. Solusi dari hambatan pelaksanaan penilaian autentik adalah membatasi jumlah siswa dalam 1 kelas atau menyertakan asisten guru untuk membantu dalam proses penilaian. Dengan demikian, seorang guru akan lebih mudah mengawasi dan menilai semua aktivitas dan perilaku siswa, sehingga dapat memanfaatkan waktu semaksimal mungkin.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorHidayati, AniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peniliaian autentik; Pembelajaran tematik; Pendekatan saintifik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 25 Apr 2018 07:05
Last Modified: 25 Apr 2018 07:05
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7645

Actions (login required)

View Item View Item