Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler khitabah terhadap rasa percaya diri pada peserta didik kelas V MI al Khoiriyyah 02 Semarang tahun ajaran 2016/2017

Ningsih, Fitria (2017) Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler khitabah terhadap rasa percaya diri pada peserta didik kelas V MI al Khoiriyyah 02 Semarang tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911088.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kepercayaan diri peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler khitabah di MI Al Khoiriyyah 02 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : adakah pengaruh kegiatan ekstrakurikuler khitabah terhadap rasa percaya diri peserta didik MI Al Khoiriyyah 02 Semarang Tahun 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode regresi sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket untuk mendapatkan data tingkat percaya diri peserta didik, sedangkan dokumentasi untuk mendapatkan nilai kegiatan khitabah. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Adapaun pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi satu prediktor dengan metode skor deviasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; pertama, hasil kegiatan khitabah di MI Al Khoiriyyah 02 Semarang termasuk kategori cukup. Hal ini dibuktikan dengan rata hasil nilai kegiatan ekstrakurikuler khitabah sebesar 82,23 nilai tersebut terletak pada interval 80,49-83,96 termasuk dalam kategori”cukup”. Kedua, tingkat rasa percaya diri peserta didik di MI Al Khoiriyyah 02 Semarang termasuk kategoricukup. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil angket percaya diri peserta didik sebesar ni 80,73 nilai tersebut terletak pada interval 73,05-84,67 termasuk dalam kategori “cukup”. Pengaruh variabel kegiatan kegiatan ekstrakurikuler khitabah (X) terhadap rasa percaya diri (Y) peserta didik di MI AlKhoiriyyah 02 Semarang, hal ini dibuktikan dengan variabel X terhadap Y persamaan regresi -65,021 + 1,749, dan varians garis regresi Fhitung= 4,9 > Ftabel= 4,54 berarti signifikan, dan rhitung= 0,523 >rtabel = 0,514 berarti signifikan. dengan demikian dapat dikatakn bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kegiatan ekstrakurikuler khitabah terhadap rasa percaya peserta didik di MI Al Khoiriyyah 02 Semarang. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kegiatan ekstrakurikuler khitabah terhadap rasa percaya diri peserta didik di MI Al Khoiriyyah 02 Semarang. Dengan melihat hasil penelitain diatas, diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan rujukan bagi semua pihak, terutama bagi lembaga madrasah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorUbaidillah, UbaidillahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler; Percaya diri; Pidato; Khitabah
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 26 Apr 2018 02:32
Last Modified: 26 Apr 2018 02:32
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7653

Actions (login required)

View Item View Item