Sistem pembelajaran PAI di MI Nurul Islam Ngaliyan Semarang

Panoh, Miss Sulaeha (2017) Sistem pembelajaran PAI di MI Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
1503016166.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan manajeman mutu dalam meningkatkan citra sekolah pada MI Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Kajian ini dilatarbelakangi tuntutan lembaga pendidikan Islam haruslah berupaya meningkatkan mutu dan kualitasnya agar memiliki daya saing untuk mengimbangi competitor lainnya. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) bagaimana perencanaan sistem pembelajaran PAI di MI Nurul Islam Ngaliyan Semarang (2) bagaimana pelaksanaan sistem pembelajaran PAI di MI Nurul Islam Ngaliyan Semarang (3) bagaimana evaluasi sistem pembelajaran PAI di MI Nurul Islam Ngaliyan Semarang? Permasahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MI Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Datanya diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode observasi dan metode wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang sistem pembelajaran PAI di MI Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang tinjauan historis dan struktur organisasi. Adapun teknis analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MI Nurul Islam Ngaliyan Semarang dalam mengelola pendidikannya telah menerapkan adanya sistem perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Sistem perencanaan pembelajaran ditunjukkan dengan proses awal dalam pembelajaran untuk menentuan tujuan atau sasaran yang hendak dicapai sehingga menghasilkan pembelajaran yang seefesien dan seefektif, sedangkan dalam pelaksaan pembelajaran madrasah ini meliputi pengorganisasian pembelajaran dan kepemimpinan seorang guru dalam proses pelajaran dikelas dan dalam evaluasi pembelajaran ditunjukkan dengan hasil belajar yang dilaksanakan oleh guru PAI telah sesuai dengan evaluasi hasil belajar yang terdapat dalam KTSP, yakni penelitian berbasis kelas yang memuat ranah koqnitif, psikomotorik dan afektif. Pelaksanaan sistem pembelajaran di MI Nurul Islam Ngaliyan Semarang sudah berjalan dengan baik meskipun ada hambatan. Penelitian ini diharapkan dijadikan rujukkan dalam sistem pembelajaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorKarnadi, KarnadiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sistem pembelajaran; Pendidikan Agama Islam (PAI); madrasah ibtidaiyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 26 Apr 2018 02:41
Last Modified: 26 Apr 2018 02:41
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7662

Actions (login required)

View Item View Item