Pembelajaran pendidikan agama Islam Ma’had Darul Ma’arif Propinsi Patani (Selatan Thailand)

Maneehiya, Mr Abdulloh (2017) Pembelajaran pendidikan agama Islam Ma’had Darul Ma’arif Propinsi Patani (Selatan Thailand). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
1503016168.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul pembelajaran pendidikan Agama Islam di Ma’had Darul Ma’arif Propinsi Patani (Selatan Thailand) Penelitian ini adalah penelitian kuatitatif, penelitian ini dilaksanakan di Ma’had Darul Maarif Propinsi Patani (Selatan Thailand). Tujuan penelitian ini adalah utnuk melahirkan putra dan putri bangsa yang cukup terlatih, berakhlak, berkemampuan dan berdisiplinan di masa akan datang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi. Adapun metode analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwasanya : 1) Metode pembelajaran pendidikan agama Islam di Ma’had Darul Ma’arif berjalan baik, ini terlihat pada ketepatan guru dalam memilih metode pembelajaran yang meliputi ketepatan dalam melakukan pendekatan, metote, memilih bahan ajar,menyediakan media seperti buku pelajaran, pola interaksi dengan siswa dan pengelolaan kelas yang mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. 2) metote pembelajaran yang digunakan para guru Ma’had Darul Ma’arif adalah metode yang bervariasi seperti metote cerita, diskusi, ceramah, eskperimen. Dan para guru juga memilih dan menggunakan metode yang sesuai dengan materi, kondisi dan situasi di kelas sehigga peserta didik mudah paham apa yang telah disampaikan oleh guru. 3) hasil pembelajaran siswa di Ma’had Darul Ma’arif Propinsi Patani (Selatan Thailand) tergolong bagus karena guru di dalam menerangkan materi pelajaran mudah dipahami oleh para siswa, sebab para guru mampu memilih metote yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Pembelajaran pendidikan yang dilaksanakan oleh sekolah Ma’had Darul Maarif Propinsi Patani (Selatan Thailand) adalah bertujuan untuk pembinaan umat agar para siswa dibina lebih dapat meningkat keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah yang sesuai dengan filsafat Ma’had Darul Maarif yaitu pandai membuat, pandai membuat dan pandai meenyelesai masalah, dimana bukan saja untuk menghadapi dunia modern ini, juga mampu bertanggungjawab di depan sang Kholiq. Saran : Ma’had Darul Ma’arif perlu untuk meningkatkan hubungan yang lebih erat antara pendidikan agar dalam pelaksanaan kegiatan belajar-mengjar lebih berkuatitas serta belajalan dengan lancer sesuai dengan tujuan yang di harapkan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorSyukur, FatahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Belajar; Metode pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Thailand
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 26 Apr 2018 02:44
Last Modified: 26 Apr 2018 02:44
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7664

Actions (login required)

View Item View Item