Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 18 Kota Semarang

Pornmat, Miss Rohanee (2016) Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 18 Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
1503016169.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembahasan skripsi ini adalah tentang problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 18 Semarang dan bagaimana langkah-langkah penanggulangannya. Jenis paradigma penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data: observasi, dukumentasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis datanya adalah deskriptif kualitatif. Pengcekan keabsahan data penelitian ini meggunakan trianggulasi, member chek, meggunakan bahan refrensi, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pendidik: Pendidik terlambat masuk sekolah maka waktu untuk pembelajaran pendidikan agama Islam akan tersita secara garis besar, Guru tidak mampu meyelesai materi dalam satu tahun, Kurangnya tenaga Guru pendidikan agama Islam, Tidak ada kerja sama antara pendidik dengan orang tua anak didik, Anak didik: Kurang memperhatikan akan pentingnya belajar, Pendekatan pembelajaran cenderung pedagogis yang implikasinya adalah muncul perlakuan intimidatif pendidik terhadap anak didik dalam proses pembelajaran agama Islam, Metode pembelajaran: Kurang variatif dan cenderung monoton yaitu hanya memakai metode ceramah dan metode diskusi saja, Lingkungan keluarga dimana orang tua anak didik kurang memperhatikan keadaan anaknya dalam pendidikannya, Praktik kebiasaan masyarakat dilapangan kurang mencerminkan nilai keIslamian, Media pembelajaran: Keadaan media atau sarana penunjang pembelajaran kurang memadai dan masih minim, Perencanaan pembelajaran yang ada di kurang begitu baik dimana pendidik yang akan mengajar tidak mempersiapkan apa yang akan dilaksanakan di kelas, Pelaksanaan perencanaan pembelajaran Tidak disiapkannya hal-hal yang perlu disiapkan oleh pendidik sebelum mengajar, Evaluasi pelaksanaan perencanaan pembelajaran belum jelasnya evaluasi apa yang digunakan atau tersitanya waktu untuk melakukan evaluasi karena waktu akibat minimnya sarana penunjang. Upaya mengatasi problem pembelajaran pendidikan agama Islam adalah Peningkatan kemampuan Pendidik, Anak didik, Pendekatan, Metode,perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Pembelajaran misalnya rekrutmen pendidik bermutu yang dibarengi dengan sarana penunjang kematangan profesi misalnya pelatihan pendidik lainnya, dan jaminan kesejahteraan yang memadai, selektif dalam input anak didik dan berbenah dalam sistem pembelajaran untuk lebih baik dan usaha ini akan jugu berakibat terhadap perbaikan pendekatan dan metode pembelajaran, pembuatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran yang baik dan berkualitas, Pembangunan dan Peningkatan kemampuan Lingkungan dan Media Pembelajaran, dalam hal lingkungan keluarga dan masyarakat mengusahakan pertemuan triwulan dengan wali anak didik dan para tokoh masyarakat untuk penciptaan suasana ling kungan belajar yang mendukung baik dilingkungan keluarga sendiri maupun lingkungan masyarakat secara umum.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorRohman, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 26 Apr 2018 02:45
Last Modified: 26 Apr 2018 02:45
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7665

Actions (login required)

View Item View Item